HARGA DAN CITRA MEREK : KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE

Authors

  • Ahmatang Ahmatang Fakultas Ekonomi/Jurusan Manajemen, Universitas Borneo Tarakan
  • Erick Karunia Fakultas Ekonomi/Jurusan Manajemen, Universitas Borneo Tarakan
  • Vivi Suharni Fakultas Ekonomi/Jurusan Manajemen, Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaem.v1i3.13

Abstract

PRICE AND BRAND IMAGE: SMARTPHONE PURCHASE DECISION

 This study aims to determine the effect of price and brand image on purchasing decisions. This research uses a quantitative approach with a survey method. The sampling method used is non-probability sampling with the sampling technique using purposive sampling. The sample in this study were the people of Tarakan City who used a Samsung smartphone for at least 3 months with a sample size of 140 respondents. The analytical method used is regression analysis with the help of SPSS version 23. The results of this study indicate that the price variable has a positive effect on consumer purchasing decisions and the brand image variable has a positive effect on consumer purchasing decisions.

Keywords : Price, Brand image, Purchase decision 

 

Abstrak
HARGA DAN CITRA MEREK : KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kota Tarakan yang menggunakan smartphone merek Samsung minimal 3 bulan dengan jumlah sampel 140 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen dan variabel citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen.

Kata kunci : Harga, Citra Merek, Keputusan pembelian

References

Adi, Wayan Virawan. 2013. Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Aldi, A. 2012. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Sepeda Motor Satria FU di Klaten). Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.

Akbar, Adam. 2012. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga,dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Note book Toshiba”, Jurnal. Universitas Gunadarm. Jakarta.

Azwar, Saifuddin. 2008. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basu Swastha dan Irawan. 2003. “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Basu Swastha. 1997. Pergeseran Paradigma dalam Pemasaran : Tinjauan Manajerial dan Perilaku Konsumen, Kelola, Program Magister Manajemen UGM, No. 15/VI/1997. Yogyakarta.

Bian, Xuemei and Luiz Moutinho. 2011. The role of brand image, product involvement, and knowledge in explaining consumer purchase behaviour of counterfits. European Journal of Marketing.

Buchari Alma. (2007). Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Fandy, Tjiptono. 1996. Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Fandy, Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Fandy, Tjiptono. (2005). Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hartiningtyas dan Assegaf dalam Marliza (2012). Penjelasan Keputusan Pembelian “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian”.

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

J. Setiadi, Nugroho, SE., MM. 2003. ”Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Jakarta: Kencana.

J.Paul Peter & jerry c. Olson. (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jilid 2. PT Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip. 2006. Manajemen pemasaran. jilid I. Edisi kesebela., Jakarta, P.T Indeks Gramedia.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Lutiary Eka Ratri. 2007. Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) operator Seluler Dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler Di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang. Fakultas Psikologi. Undip. Semarang

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purwati, H. S. (2012). Rohmawati.(2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus pada PT. Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius), 2(3), 260-277.

Rahmawati, Annisa Ristu. 2016. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Nurul Izza Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Rangkuti, Freddy. ((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama

Ritonga, Pandapotan. 2011. Analisis Pengaruh Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Kinerja Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan Pelayanan Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening di KPP Medan Timur. Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

S.Eko Putro Widoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta ; Pustaka Belajar.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiarto, Eko. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif : Skripsi dan Tesis. Yogyakarta : Suaka Media

Swastha, Basu dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan Kelima. Yogyakarta:Liberty.

Sweeney, J.C., Soutar, G.N., & Johnson, L. W., 1998, “Consumer perceived value: Development of a multiple item scale, American Marketing Association Conference Proceedings”, 9, 138.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. ANDI: Yogyakarta

Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Vidyayanti, P. 2010. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosda.

Widiatmoko, G., & Hadi, S. P. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus Mahasiswa Fisip Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 181-190.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Ahmatang Ahmatang, Erick Karunia, & Vivi Suharni. (2021). HARGA DAN CITRA MEREK : KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 52–63. https://doi.org/10.55606/jaem.v1i3.13