PERHITUNGAN HARGA POKOK SEBAGAI DASAR PENETAPAN HARGA JUAL JASA SEWA PAMERAN PADA PT. Ad – HOUSE PRIMACIPTA

Authors

  • Sumardi Sumardi Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Nadya Sukma Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaem.v2i1.157

Keywords:

Harga Pokok, Harga Jual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis perhitungan harga pokok sebagai dasar penetapan harga jual jasa sewa pameran sehingga dapat mengevaluasi seluruh keputusan yang diambil berkenaan dengan harga jual jasa pameran yang selama ini ditentukan.

Dari penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa perhitungan harga pokok pemeran dilakukan oleh PT. Ad-House menggunakan direct cost, yaitu dengan menghitung biaya operasional yang dikeluarkan untuk satu kali event pameran yang terdiri dari biaya sewa ruang pameran, serta biaya fasilitas sambungan listrik dan telepon, biaya promosi, biaya perizinan produksi, biaya operasi project dan biaya tak terduga. Sedangkan harga pokok penjualan dihitung berdasarkan jumlah biaya sewa ruangan, biaya sambungan listrik dan telepon serta biaya promosi yang dibebankan berdasarkan prosentase dari jumlah biaya tersebut. Sedangkan dasar utama penentuan harga jual jasa sewa pameran pada PT. Ad – House Primacipta adalah metode Cost Plus Pricing, yaitu penentuan harga jual jasa sewa pameran berdasarkan biaya sewa ruangan pameran, biaya sambungan listrik dan telepon, kemudian ditambah dengan prosentase biaya promosi di tetapkan, kemudian ditambah dengan margin laba yang diharapkan sehingga didapatkan harga jual.

References

Charles T.Hongren, Gary L.Sunden and William O Stratton. Introduction To Management Accounting, 12nd Ed, Canada : Prentice Hall, Inc, 2002.

F. Usry, M. Milton Dkk. 1999. Akuntansi Biaya : Perencanaan dan Pengendalian. Jilid kesatu. Edisi kesembilan. Terjemahan Alfonsus Sirait dan Herman Wibowo dari Cost Accounting : Planning and Control (1993). Jakart : Erlangga.

Garrison, Ray H. 1998. Akuntansi Manajemen : Konsep-konsep untuk Perencanaan, Penendalian dan Pengambilan Keputusan. Jilid kesatu. Terjemahan oleh Kusnedi. Bandung. Penerbit : ITB

------------------------ 1998. Akuntansi Manajemen : Konsep-konsep untuk Perencanaan, Penendalian dan Pengambilan Keputusan. Jilid kedua. Terjemahan oleh Kusnedi. Bandung. Penerbit : ITB

Hartanto, D. 1996. Akuntansi untuk usahawan. Cetakan kesatu. Edisi ke enam. Jakarta : Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hansen dan Mowen. Buku kesatu . Cost Management (2000). Jakarta : Salemba empat.

Kotler, Phillip. 1994. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid kesatu. Cetakan kedua. Edisi kelima. Terjemahan Ooleh

Wilhelmus W. Bakowatun dari Principles of Marketing. (1991). Jakarta : PT. Midas Zsurya Grafindo.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Biaya. Cetakan ketiga. Edisi kelima. Yogyakarta : STIE YKPN.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen : Konsep manfaat dan rekayasa. Cetakan ketiga. Edisi kedua. Yogyakarta : STIE YKPN.

Supriyono, R.A. 1999. Akuntansi Biaya : Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Cetakan ke empat Yogyakarta : BPFE UGM.

Simamora, Henry. 1999. Akuntansi Manajemen. Jakarta :Salemba Empat.

SR, Soemarso. 1994. Peranan Harga Pokok dalam Penentuan Harga Jual. Jakarta : ESG.

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Sumardi Sumardi, & Nadya Sukma. (2022). PERHITUNGAN HARGA POKOK SEBAGAI DASAR PENETAPAN HARGA JUAL JASA SEWA PAMERAN PADA PT. Ad – HOUSE PRIMACIPTA. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 71–79. https://doi.org/10.55606/jaem.v2i1.157

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.