KEPERCAYAAN MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KAWASAKI KLX DI KABUPATEN MERANGIN

Authors

  • Yudhi Novriansyah Universitas Muara Bungo
  • Muhammad Asman Universitas Muara Bungo
  • Isman Isman Universitas Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaem.v2i2.255

Abstract

The purpose of this research was to determine: (1) The Effect of Brand Trust on Purchasing Decision Kawasaki Motorcycle Consumers in Kabupaten Merangin . (2) The Effect of Price Perception on Purchasing Decision Kawasaki Motorcycle Consumers in Kabupaten Merangin. (3) The effect of Brand Trust and Price Perception on Purchasing Decision Kawasaki Motorcycle Consumers in Kabupaten Merangin. The method in this study uses quantitative methods. The data collection method uses questionnaires, interviews, observations, and documentation. Meanwhile, the data analysis used descriptive statistical analysis, data instrument test, classical assumption test, multiple regression line analysis, and multiple determinant coefficient (R2). The results showed that: (1) There was a significant effect of Brand Trust on Purchasing Decision Kawasaki Motorcycle Consumers in Kabupaten Merangin. (2) There is a significant effect of Price Perception on Purchasing Decision Kawasaki Motorcycle Consumers in Kabupaten Merangin. (3)There is a significant effect of Brand Trust and Price Perception on Purchasing Decision Kawasaki Motorcycle Consumers in Kabupaten Merangin. The result of (R²) poin 0,679 show that Independent variables can explain 67,9% purchasing decision and remaining 32,1% influence by other variable out of this research.

References

Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh kepercayaan, persepsi harga, dan sikap terhadap niat beli kembali di situs lazada. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 4153–4180.

Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

AZ, S. M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario (Studi Pada Pengguna Motor Honda Vario Di Kecamatan Muara Bulian). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(1), 116–125.

Bastian, D. A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ades pt. ades alfindo putra setia. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–9.

Cherstiawan, A. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana. Ilmiah Manajemen Bisnis.

Dewi, N. S., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(6), 3784.

Fadli, F., Ginting, B., & Andria, F. (2019). Pengaruh Persepsi Harga Produk Sepeda Motor Yamaha Fino Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(1).

Fandy, T. (2014). Manajemen Jasa. Andi.

Fauziyah, S., & Karneli, O. (2016). Pengaruh brand trust dan brand equity terhadap loyalitas konsumen pada produk kosmetik Wardah (Survey konsumen pada PT. Paragon Technology and Innovation Cabang Pekanbaru). Riau University.

Fisabilillah, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha Mio Pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Hamidi, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek, Harga Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Auto 2000 Kenjeran Surabaya. University of Muhammadiyah Malang.

Hartadi, W. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Sport Yamaha Yzf-R25 Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1).

Haryanto, E. (2013). Kualitas layanan, fasilitas dan harga pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna jasa layanan pada kantor samsat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Kotler, P. & G. A. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Salemba empat.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.

Kurniawan, M., & Bagus, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. Universitas 17 Agustus Surabaya.

Kusumaastuti, D. (2011). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Terhadap Persepsi Tentang Produk. UNS Solo Vol 2No 3.

Lubis, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Merek (Trust In Brand) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Toko Kosmetik Marhadi.

Murti Trimulatsih, E. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus pada Pengguna Sepeda Motor Honda di Cakung). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Nurulloh, I. (2021). Pengaruh Kecintaan Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimoderasi Oleh Wom. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nusarika, L. A. K., & Purnami, N. M. (2015). Pengaruh persepsi harga, kepercayaan, dan orientasi belanja terhadap niat beli secara online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar). Udayana University.

Ramadhan, P. B. (2020). Analisis Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek NMAX. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rosica, S. A. D. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan (Studi Pada Pelanggan London Beauty Center (Lbc) Di Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(3), 238–245.

Santi, A., & Mardah, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa GoRide (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 7(2), 224–231.

Setiyaningrum, A., & Udaya, J. (2015). Prinsip-prinsip pemasaran.

Sofjan, A. (2013). Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Surono, S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Ekuitas Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vario 150 Cc Di Kabupaten Kebumen. Universitas Putra Bangsa.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service, Quality dan Customer Satisfaction. Language, 20(436), 19X23cm.

Trisno, S. D. L., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2020). Pengaruh Kelompok Acuan, Persepsi Harga dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada CV. Anugerah Mulia Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).

Wahyuni, M. D. (2019). pengaruh persepsi harga, kepercayaan merek, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi Pada Konsumen Natasha Skin Clinic Center Gresik). Jurnal Manajerial, 5(1), 30–40.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Novriansyah, Y., Muhammad Asman, & Isman Isman. (2022). KEPERCAYAAN MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KAWASAKI KLX DI KABUPATEN MERANGIN. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 210–218. https://doi.org/10.55606/jaem.v2i2.255