PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DI BOARDING GATE DAN FASILITAS RUANG TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA ABDUL RACHMAN SALEH MALANG

Authors

  • Qonitah Rahmawati Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaem.v2i3.354

Keywords:

Service Quality, Boarding Gate, Waiting Room Facilities, Passenger Satisfaction.

Abstract

Along with the times and the rapid population growth in Indonesia, the needs of the diverse population will also increase, not least in the field of transportation. Transportation is a very important need for people in this era, the reason is because transportation is very helpful and makes it easier for users, especially air transportation. This study aims to examine and determine the effect of the variable quality of service and waiting room facilities partially or simultaneously on passenger satisfaction at Abdul Rachman Saleh Airport Malang. Using quantitative methods with explanatory research with a sample of 75 passengers using Abdul Rachman Saleh Airport Malang. Data collection was carried out by distributing questionnaires offline and online using a google form, which was then processed through SPSS version 21. As a result of the research, the variables of service quality and waiting room facilities have partial or simultaneous effect on passenger satisfaction at Abdul Rachman Saleh Airport, Malang. Based on the results of data analysis, the quality of boarding gate services has a positive and significant effect on passenger statisfaction at Abdul Rachman Saleh Airport, Malang.

References

Alfaridzi, M. 2021. Analisis Kinerja Petugas Gate Terhadap Pelayanan Penumpang Pada Era Gate di Bandar Udara Muara Bungo. Skripsi. Program Studi Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta. Yogyakarta.

Aprillia V. 2019. Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Motivasi Kerja Pramuniaga Robinson Department Store Semarang. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Semarang. Semarang.

Ardi, R. P. dan N. Sukmasari. 2016. Pengaruh Disiplin Kerja, Promosi Jabatan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Rembang. Jurnal EBBANK 7(2): 105-110.

Emmywati. 2016 Pengaruh Kualitas Layanan Yang Terdiri Dari Kenyamanan, Keamanan, Kemudahan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Galeri Seni Dan Pusat Meditation Ponorogo Jawa Timur. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. 1(3): 184-191.

Firdausi, M. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Umum Di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Universitas Madura 2(1): 19-24.

International Standards and Recommended Practices Aerodromes. Annex 14 To The Convention On International Civil Aviation. 1 November 1951. International Civil Aviation Organization. Montreal.

Kurniawan, D. dan Nikhlis, N. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Commerce Bukalapak. Jurnal Elkom: Jurnal Elektronika dan Komputer. 13(2): 158-168.

Maulana, A. S. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal ekonomi 7(2): 113-125.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 178 Tahun 2015. Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara. 16 November 2015. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 1771. Jakarta.

Rafliansyah, A. 2021. Pengaruh Keteserdiaan Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Skripsi. Program Studi Diploma IV Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta. Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan 21. Alfabeta. Bandung.

Syahputra, R. D. dan S. Wibowo. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Berbasis Digital Pada Media Sosial Facebook Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Produk Indihome Di Plaza Telkom Lembong Kota Bandung Tahun 2019). e-Proceeding of Applied Science 5(3). Desember 2019. E-Proceeding Telkom University. 1841-1850.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 Penerbangan. 12 Januari 2009. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 1. Jakarta.

Wibowo, W. dan I. Rudiarto. 2017. Pengaruh Karakteristik Penumpang Pesawat Terhadap Peluang Pemilihan Moda Menuju Bandara Baru Kulonprogo. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota 13(4): 519-530.

Zulaichah dan F. Nahar. 2013. Sistem Pengelolaan Keamanan Penerbangan Untuk Mendukung Rencana Peningkatan Status Bandar Udara Menjadi Bandar Udara Internasional (Studi Kasus di Bandar Udara Abdulrachman Saleh–Malang). Warta Ardhia 39 (3): 192–206.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Qonitah Rahmawati. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DI BOARDING GATE DAN FASILITAS RUANG TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA ABDUL RACHMAN SALEH MALANG . Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 300–309. https://doi.org/10.55606/jaem.v2i3.354

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.