FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO DALAM PENYEDIAAN FIRST AID KIT DI DALAM MOBIL

Authors

  • Wiwi Susanti Piola Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Dewi Modjo Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Agustiar Darmawan Bagu Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Noval Rahman Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikki.v1i1.1025

Keywords:

Pengetahuan, Pengalaman, Lingkungan Fisik dan Penyediaan First Aid Kit

Abstract

Tindakan mempersiapkan alat-alat keselamatan atau alat pertolongan pertama menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan sehingga dapat meminimalisir keadaan yang lebih parah saat terjadi kecelakaan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dosen Universitas Muhammadiyah Gorontalo  dalam  penyediaan  first  aid  kit dalam mobil. Desain penelitian Jenis penelitian ini adalah jenis deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional data yang dikumpulkan melalui lembar observasi dan kusioner. dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 responden dengan tehnik random sampling. Hasil Penelitian. Ada pengaruh pengetahuan, pengalaman dan lingkungan fisik dosen dalam penggunaan first aid kit didalam mobil. Kesimpulan: pengetahuan, pengalaman dan lingkungan fisik sangat mempengaruhi perilaku dosen dalam melakukan pertolongan pertama padakecelakaan.

 

References

Amirudin, K. (2013). Penanganan Korban Akibat Kecelakaan Lalu Lintas. Gadar dan Evakuasi DITJEN BINA YANMED GAKCE P2TM DITJEN PP&PL.

Anwar, K. (Khoirul), & Fadhilah, F. (Fadhilah). (2014). Kampanye Pentingnya Mengetahui Pengetahuan Dasar Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas. Visual Communication Design,3(1).

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. RinekaCipta.

Febrina, A. (2012). Faktor Resiko Yang Berhubungan dengan Perilaku Tidak Aman Pengendara Ojek Stasiun Citayam, Depok Tahun 2012. Fakultas Kesmas UI,0806455143.

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

Puspitasari, A. D. & Hendrati, L. Y. (2013). Hubungan Antara Faktor Pengemudi dan Faktor Lingkungan dengan Kepatuhan Mengendarai Sepeda Motor pada Mahasiswa FKM Unair Tahun 2013[Thesis]. 192–200.

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Wiwi Susanti Piola, Dewi Modjo, Agustiar Darmawan Bagu, & Noval Rahman. (2021). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO DALAM PENYEDIAAN FIRST AID KIT DI DALAM MOBIL. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.55606/jikki.v1i1.1025

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.