HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA MAHASISWA PRODI D3 TBD SEMESTER VI POLTEKKES BHAKTI SETYA INDONESIA YOGYAKARTA

Authors

  • Rudina Azimata Rosyidah Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia
  • Windadari Murni Hartini Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia
  • Ni Putu Melisa Yunda Dewi UTD PMI Kabupaten Tabanan Bali

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikki.v2i2.419

Keywords:

Kualitas Tidur, Kadar Hemoglobin, Mahasiswa Prodi D3 TBD

Abstract

Kualitas tidur seseorang dikatakan baik apabila tidak menunjukkan berbagai tanda kekurangan tidur dan tidak mengalami masalah dalam tidurnya. Kondisi kurang tidur pun banyak dijumpai pada mahasiswa, karena mahasiswa memilki aktivitas yang padat menyebabkan lebih mudah menderita gangguan tidur. Maka salah satu masalah yang timbul akibat kualitas tidur yang buruk pada mahasiswa adalah penurunan kadar hemoglobin atau yang disebut dengan anemia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan kadar hemoglobin pada mahasiswa Prodi D3 TBD semester VI Poltekkes Bhakti Setya Indonesia Yogyakarta. Metode dari penelitian ini menggunakan survei analitik dengan rancangan Restropective (case control) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan didapatkan besar sampel 52 orang. Pengambilan data primer dari pengisian kuesioner Pittsburgh sleep quality index (PSQI) dan pengambilan darah kapiler. Analisis data yang dilakukan adalah univariat dan bivariat dengan uji pearson product moment. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan kualitas tidur dengan kadar hemoglobin yaitu terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan kadar hemoglobin pada mahasiswa Prodi D3 TBD semester VI Poltekkes Bhakti Setya Indonesia Yogyakarta. Hasil uji statistik pearson product moment dengan nilai signifikansi P value < 0,05 yaitu 0,32 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan kualitas tidur dengan kadar hemoglobin pada mahasiswa prodi D3 TBD semester VI Poltekkes Bhakti Setya Indonesia Yogyakarta.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Guyton, A., & Hall. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, Penerbit Buku Kedokteran Jakarta: EGC, 2014.

John, E.H., & Michael, E.H. Guyton and Hall TextBook Of Medical Physiology, 14nd edition, Philadelphia: Elsevier Saunders, 2020.

Buysee, DJ., Reynolds, III CF., Monk, TH., Berman, SR., Kupfer, DJ., The Pittsburgh Sleep Quality Index : a new instrument for psychiatric practice and research, Psychiatry Research, 2013.

Hidayat, AA., M Uliyah. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Edisi 2, Jakarta: Salemba Medika. 2014.

Gallagher, ML. The Nutrients and Their Metabolism. Mahan, L.K., Raymond, J.L. Krause’s Food, Nutrition, and Diet Therapy. 14 th edition, Philadelphia: Saunders, 2016.

Astuti, IA. Hubungan Pola Tidur Terhadap Kejadian Anemia pada Remaja Putri SMA di Kabupaten Bantul, Skripsi, Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2017.

Yusuf, S. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosdakarya, 2015.

Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. Psikologi Sosial, Jakarta: Salemba Humanika, 2011.

Hurlock, E. B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan, Jakarta: Erlangga, 2011.

Kozier, B. Erb, G. Fundamental of Nursing. Wasley Publishing Company, California Addison, 2011.

Khasanah, K. Kualitas Tidur Lansia. Jurnal Keperawatan Indonesia. 1(1).2012.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Rudina Azimata Rosyidah, Windadari Murni Hartini, & Ni Putu Melisa Yunda Dewi. (2022). HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA MAHASISWA PRODI D3 TBD SEMESTER VI POLTEKKES BHAKTI SETYA INDONESIA YOGYAKARTA . Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 2(2), 42–51. https://doi.org/10.55606/jikki.v2i2.419

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.