GAMBARAN TINGKAT PSYCHOLOGICAL DISTRESS MAHASISWA DIII KEPERAWATAN POLITEKNIK NEGERI INDRAMAYU

Authors

  • Nafisah Itsna Hasni Politeknik Negeri Indramayu
  • Evi Supriatun Politeknik Negeri Indramayu
  • Sari Artauli Lumban Toruan Politeknik Negeri Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikki.v2i3.732

Keywords:

Mahasiswa, Masa Dewasa, Pendidikan.

Abstract

Mahasiswa dalam rentang usia 18 sampai 22 tahun, dapat dikategorikan sedang dalam masa peralihan dari remaja akhir ke masa dewasa awal. Salah satu ciri masa dewasa awal yaitu individu mengalami perubahan tanggung jawab dari seorang pelajar yang sepenuhnya tergantung pada orang tua menjadi orang dewasa mandiri. Individu mulai menentukan pola hidup baru, memikul tanggung jawab baru, dan membuat komitmen-komitmen baru. Selain itu, dengan memasuki dunia universitas, mahasiswa pun menemui tantangan baru, seperti membuat keputusan secara mandiri mengenai pendidikan mereka, menyesuaikan dengan tuntutan akademik, dan berinteraksi dengan orang-orang yang lebih beragam.

References

Kristiyani T. Self Regulated Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangannya bagi Siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press, Yogyakarta. 2016. 262–275 p.

Verger P, Combes JB, Kovess-Masfety V, Choquet M, Guagliardo V, Rouillon F, et al. Psychological distress in first year university students: Socioeconomic and academic stressors, mastery and social support in young men and women. Soc Psychiatry Psychiatr Epidemiol. 2009;44(8):643–50.

Saeed A, Bahnassy A, Al-Hamdan N, Almudhaibery F, Alyahya A. Perceived stress and associated factors among medical students. J Fam Community Med. 2016;23(3):166.

Haqi MH. Gambaran Status Mental. Ir-perpustakaan Univ airlangga. 2019;9–55.

Tri Semaraputri SAK, Rustika IM. Peran Problem Focused Coping Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Remaja Akhir Yang Menjadi Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. J Psikol Udayana. 2018;5(01):35.

Purnama R. Rahmad Purnama, Penyelesaian Stress Melalui..... Al-AdYan. 2017;12:70–83.

Diputera AM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Labuhan Batu. 2022;(January).

Mazo GN. Stress: Its Causes, Effects, And The Coping Mechanisms Among Bachelor Of Science In Social Work Students In A Philippine University. Int J Innov Educ Res. 2015;3(8):175–84.

Karyotaki E, Efthimiou O, Miguel C, Bermpohl FMG, Furukawa TA, Cuijpers P, et al. Internet-Based Cognitive Behavioral Therapy for Depression: A Systematic Review and Individual Patient Data Network Meta-analysis. JAMA Psychiatry. 2021;78(4):361–71.

Murpi A. Upaya Guru Dalam Mengatasi Sindrom Burnout Melalui Peningkatan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial. Psikol Pendidik Islam. 2013;

Nurmayanti L, Margono HM. Burnout Pada Dokter. J Unair [Internet]. 2017;32–42. Available from: http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-pjsbb59449eadfull.pdf

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Nafisah Itsna Hasni, Evi Supriatun, & Sari Artauli Lumban Toruan. (2022). GAMBARAN TINGKAT PSYCHOLOGICAL DISTRESS MAHASISWA DIII KEPERAWATAN POLITEKNIK NEGERI INDRAMAYU. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 2(3), 80–86. https://doi.org/10.55606/jikki.v2i3.732

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.