PENGARUH KREATIF, INOVASI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN

Authors

  • M. Fathrezza Imani IAIN Pekalongan
  • M. Khoirul Fikri IAIN Pekalongan
  • Almas Filzah IAIN Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v2i1.160

Keywords:

Creative, Innovation, Marketing Strategy, and Consumer Purchasing Power.

Abstract

Dalam menjalankan sebuah bisnis UMKM, dibutuhkan perhitungan yang akurat dan ide cemerlang sehigga tercapai hasil yang kreatif dan inovatif untuk memberikan citra atau nilai yang lebih menarik dimata konsumen. Selain unsur kreatif dan inovasi dalam berbisnis diperlukan juga strategi pemasaran yang baik agar dapat mencapai tujuan degan tepat dan dapat meningkatkan daya beli konsumen. Tujuan dari adanya riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreatif, inovasi, dan strategi pemasaran terhadap peningkatan daya beli konsumen (studi kasus UMKM Ogel-Ogel Khas Pemalang). Riset ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Ogel-ogel Pemalang. Metode penarikan sempel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan IBM SPSS Statictic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreatif berpengaruh pada daya beli konsumen dengan nilai signifikansi 0,000, inovasi berpengaruh signifikan pada daya beli konsumen sebesar 0,008, dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan pada daya beli kosumen dengan nilai sebesar 0,001. Variabel kreatif, inovasi, dan strategi pemasaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap daya beli konsumen.

 

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

M. Fathrezza Imani, M. Khoirul Fikri, & Almas Filzah. (2022). PENGARUH KREATIF, INOVASI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN DAYA BELI KONSUMEN. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 117–138. https://doi.org/10.55606/jimek.v2i1.160

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.