EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Fiqih Maria Universitas Pelita Bangsa
  • Erin Soleha Universitas Pelita Bangsa
  • Muhammad Kosim Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v2i1.178

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris motivasi belajar memediasi pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Data penelitian dalam penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner lalu diolah dan dianalisis kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Sampel yang digunakan ialah 100 responden yang diambil dari populasi mahasiswa Manajemen Universitas Pelita Bangsa Tahun Semster II. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, pembelajaran jarak jauh mempunyai pengaruh signfikan terhadap kemandirian belajar, motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar dan variabel motivasi belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebagai variabel yang memediasi pembelajaran jarak jauh terhadap kemandirian belajar mahasiswa.

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Maria, F., Erin Soleha, & Muhammad Kosim. (2022). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR . Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 109–116. https://doi.org/10.55606/jimek.v2i1.178

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.