Prosedur Clearance In dan Clearance Out TugBoat – Tongkang PT. Patria Maritime Lines Oleh PT. Barito Samudra Sejahtera Cabang Banjarmasin

Authors

  • Laily Nurfiana Wardhani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1804

Keywords:

Batu Bara, Operasional, Dokumen, Clearance, Kapal

Abstract

Indonesia termasuk kedalam pengekspor batubara terbesar di dunia. Salah satu sarana transportasi laut untuk mengangkut batubara adalah Tugboat dan Tongkang. PT. Patria Maritime Lines adalah perusahaan pelayaran yang memfokuskan layanannya pada transportasi batubara, dan energi lain dari konsensi pertambangan dan berbagai komoditas. PT. Barito Samudra Sejahtera adalah perusahaan yang menyediakan jasa keagenan kapal yang saat ini mensupport operasional kapal PT. Patria Maritime Lines. Tugas dari perusahaan pelayaran, PT. Barito Samudera Sejahtera yaitu mengurus surat-surat Clearance In dan Clearance Out Kapal Tunda dan Tongkang yang akan merapat di Pelabuhan Bongkar dan membongkar atau memuat barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk Clearance In dan Clearance Out. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan sebagai metode kualitatif. Ditemukan dalam penelitian ini bahwa sebagai agen, PT Barito Samudra Sejahtera harus mengetahui prosedur Clearance In dan Clearance Out serta dokumen apa saja yang dapat dikembalikan, khususnya yang ada di atas kapal atau kapal tunda dan tongkang pendamping.

References

Eka Mulyawan, F. N. (2019). Prosedur Clearance In dan Clearance Out Kapal Tanker Milik PT. Pertamina (Persero) Oleh PT. Pertamina Trans Kontinental Cabang Merak Banten Di Pelabuhan Tanjung Gerem Merak Banten. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim , 10-18.

Fadiyah Hani Sabila, N. K. (2023). PENANGANAN DOKUMEN EKSPOR BATU BARA DI PELABUHAN PANJANG PADA PT.TIGADE ARTHA SAMUDERA BANDAR LAMPUNG. Journal of Maritime and Education, 449-455.

Investments, I. (2018, April 5). Retrieved from Indonesia Investments: https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/batu-bara/item236

Mohammad Shohibul Anwar, D. N. (2021). Peranan Perusahaan Keagenan terhadap Pengoperasian Kapal Niaga : Studi Kasus . Dinamika Bahari, 72-85.

Nadiya LifaNingrum, N. R. (2019). OPTIMALISASI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA CLEARANCE IN/OUT KAPAL PADA PEMBANGKIT JETTY 1-6 PLTU TANJUNG JATI B PT.ARPENI PRATAMA OCEAN LINE TBK JEPARA - JAWA TENGAH. Discovery:Jurnal Kemaritiman dan Transportasi , 77-84.

Nathanael, G. K. (2021). INDUSTRI BATUBARA DARI SISI EKONOMI, POLITIK, DAN LINGKUNGAN. PARAPOLITIKA, 2021.

Nurul Azizah, A. K. (2020). BUILDING THE PUBLIC ORGANIZATION BRAND BASED ON THE INTERNAL BRANDING PERSPECTIVE. Journal GOVERNANSI, 73-80.

Rahmawati Djunuda, A. A. (2022). Analisis Tarif Pelayanan Jasa Tambat pada PT Pelindo IV (Persero) Cabang Parepare. Warta Penelitian Perhubungan , 113-118.

Rosliawaty, J. M. (2021). Analisis Proses Proses Bongkar Muat Batu Bara di PT. SURYA BAHAU MANDIRI di TARAKAN. Venus, 49-55.

Surahman, R. M. (2020). PROSEDUR PENANGANAN LOADING BATU BARA PADA KAPAL CAPSIZE MV.MINERAL HAIKU AGAR MENCAPAI TARGET. Jurnal Maritim , 44-50.

Suwarso, N. L. (2020). UPAYA PENINGKATAN PROSEDUR CLEARANCE IN DAN CLEARANCE OUT KAPAL DUKS SEMEN GRESIK OLEH PT. VARIA USAHA LINTAS NEGARA (VULS) BANYUWANGI. DISCOVERY: Jurnal Kemaritiman dan Transportasi, 1-12.

Vega F. Andromeda, I. M. (2020). PENYELESAIAN CLEARANCE DENGAN SISTEM INAPORTNET GUNA MEMPERLANCAR ESTIMATED TIME DEPARTURE. Jurnal Transportasi, 115-124.

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Laily Nurfiana Wardhani, & Nurul Azizah. (2023). Prosedur Clearance In dan Clearance Out TugBoat – Tongkang PT. Patria Maritime Lines Oleh PT. Barito Samudra Sejahtera Cabang Banjarmasin. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 243–251. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1804