Pengaruh Gratis Ongkir Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery-Cek Dulu (COD-Cek Dulu) Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Shopee

Authors

  • Wilda Julianti Universitas Jambi
  • Andang Fazri Universitas Jambi
  • Husni Hasbullah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v4i1.2683

Keywords:

Free Shipping, COD-Check Fisrt, Interested in Buying

Abstract

This research is the result of quantitative research which aims to answer questions about the influence of free shipping and the COD-Cek Dulu payment system on buying interest in Shopee e-commerce. The population in this study are Shopee e-commerce users. The research methodology used is quantitative research and the sampling technique uses the snowball sampling method with a sample size of 96 respondents. The data collection technique uses a questionnaire with the help of a Google form which is processed using SPSS version 26 and the data analysis technique uses multiple linear regression.

References

Anggraeni, E. Y., & Ratnasari, R. (2019). Perancangan Aplikasi E-Commerce Pada Toko Jam Tangan Alexander Cristie. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 2, 20-25.

Baskara, T. theo yoga, & Umaya, Q. muhdi umar. (2021). Karya Kreatif Era Pandemi. SCU Knowledge Media.

Chong, Ding, and Hapzi Ali. 2022. “Literature Review : Competitive Strategy , Competitive Advantages , and Marketing Performance on E-Commerce Shopee Indonesia.” 3(2): 299–309

Darmayanti, Erni et al. 2022. “Tinjauan Hukum Pajak Tentang E-Commerce Di Indonesia.” Jurnal Lex Justitia 4(2): 135–49.

Ferdinand, A. (2020). Metode Penelitian Manajemen Edisi 5. In Metode Penelitian Manajemen Edisi 5

Istikomah, N., & Hartono, B. (2022). Analisis Persepsi Promosi Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Shopee Terhadap Pembelian. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 49-57.

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim danonline customer ratingterhadapkeputusan pembelian produkfashion.Jurnal Manajemen, 12(2), 288-298.

Kasmi, K., & Candra, A. N. (2019). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Pringsewu. Jurnal aktual, 15(2), 109.

Keller, P.K. Dan K.L (2022) Manajemen Pemasaran (12th Ed). Erlangga.

Khoiriyah, U. (2018). E-Commerce Dalam Hukum Islam: Studi Analisis Atas Pandangan Abdul Halim Barkatullah Dan Teguh Prasetyo. Istidlal: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 2(2), 120-135.

Kotler, P.,K dan Amstrong (2023) Principle of marketing

Kosanke, Robert M. 2019. “Pengaruh Online Customer Review Dan Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Lazada.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 3(April): 1–23.

Kusnawan, A., Silaswara, D., Andy, & Sefung, T. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 137-160 Jurnal Sains Manajemen.

Laudon, Kenneth C., and Carol Guercio Traver. 2022. Pearson Custom Business Resources E-Commerce 2021-2022: Business, Technology, Society.

Pasaribu, Ayu Priska. 2022. “Pengaruh Metode Pembayaran Cash On Delivery (COD) Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Masyarakat Kota Medan.” : 1–31.

Priskila, T. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Terpersepsi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Dengan Harga Terpersepsi Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Shopee Indonesia). Business Management Journal, 14(2), 101–112. https://doi.org/10.30813/bmj.v14i2.1471

Sari, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Hkbp Nommensen Medan).

Sari, Yudiana. 2018. “Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Lampung.” Sosialita: Jurnal Ilmu Administrasi 12(2): 1–13.

Shoffi’ul, Auli, M. Ridwan Basalamah, and Restu Millannintyas. 2019. “Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee.” e – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajeman: 111–21. www.fe.unisma.ac.id.

Sugiyono. (2022) Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif

Theresia, Chaterina. 2021. “Pengaruh Diskon, Voucher, Dan Cashback Terhadap Minat Konsumen Menggunakan Pembayaran Elektronik Shopeepay.” 10(1): 46–67.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Wilda Julianti, Andang Fazri, & Husni Hasbullah. (2024). Pengaruh Gratis Ongkir Dan Sistem Pembayaran Cash On Delivery-Cek Dulu (COD-Cek Dulu) Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 4(1), 133–150. https://doi.org/10.55606/jimek.v4i1.2683