IMPLEMENTATION OF C4.5 ALGORITHM FOR ASSESMENT OF COMMUNITY SATISFACTION

Authors

  • Rahmat Sulaiman ISB Atma Luhur
  • Agustina Mardeka Raya ISB Atma Luhur
  • Laurentinus ISB Atma Luhur
  • Aria Setiawan ISB Atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.55606/jitek.v3i2.1826

Keywords:

Algorithm C4.5, Customer Satisfaction, Community Services, Data Mining, Community Satisfaction

Abstract

This Research applies the C4.5 Algorithm in deciding community satisfaction of sommunity services. Algorithm C4.5 is a classification algorithm with a decision tree technique that is well known and preferred because it has many advantages. These advantages, for example, can process numeric and discrete data, can handle missing attribute values, produce rules that are easy to interpret and the fastest. This research is a classification with the concept of data mining involving 20 community questionnaire data which are categorized as: cheap, expensive, appropriate, inappropriate, fast, long, comfortable, uncomfortable. There are four attributes that affect community satisfaction including: handling costs, service procedures, handling time and convenience. From the results of this research that has been conducted by researchers, it can be concluded. The customer satisfaction of the community services can be predicted and evaluated by utilizing data mining techniques using the C4.5 Algorithm to predict community satisfaction. This research also provided that C4.5 Algorihtm can be used to get high result of accuracy

References

Indra Wazir, 2021 “Analisi Kepuasan Konsumen Dengan Algoritma C4.5 Pada UMKM MINIMALL,” UNIVERSITAS PUTERA BATAM, Batam, 25 Juni.

Elis Lisnawati "Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kepuasan Pelayanan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cirebon" ,Bekasi, 5 Oktober 2019.

Ryanwar "Peneraan Metode Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Loyalitas Karyawan Pada PT.XYZ Berbasis WEB" T. Informatika, F. Sains, D. A. N. Teknologi, and U. B. Dharma, Tanggerang, 13 Januari 2020.

Faridatul Husna “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 Pada Klarifikasi Penjualan Hijab" T.Informatika, Malang, 10 Desember 2021.

Mochamad Rizki Ilham S1 , Purwanto " IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI KEPUASAN PELANGGAN TAKSI KOSTI" T.Informatika, vol 1, no. 2, pp. 5-11, 2019.

Adhityo Nugraha “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Kepuasan Pelanggan Gojek” T.Informatika, Makasar, 14 Agustus 2020.

Anggit Prasetyo Utomo “Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Jasa Vidio Shotting Garasi Potret Purbalingga”T.Informatika, Bekasi 25 Oktober 2019.

Eka Satria Priadi, Poningsih, and H. S. Tambunan, “Analisa Masyarakat Terhadap Pelayanan Pengadilan Agama Pematangsiantar Menggunakan Algoritma C4.5,” vol. 2, no.1, pp. 33-40, 2020.

K. A. Saputra, J. T. Hardinata, M. R. Lubis, and S. R. Andani, “Klasifikasi Algoritma C4.5 Dalam Penerapan Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Online,” vol. 1, no. 3, pp. 113-118, 2020.

P. Alkhairi, I. S. Damanik, and A. P. Windarto, “Penerapan Jaringan Saraf Tiruan untuk Mengukur Korelasi Beban Kerja Dosen Terhadap Peningkatan Jumlah Publikasi,” Pros. Semin. Nas. Ris. Inf. Sci., vol 1, no. September,p. 581, 2019, doi: 10.30645/senaris.vli0.65.

Mita Cahya Nugrahani,”Kepuasan Masyarakat Desa Pada Pelayanan Administratif di Desa BakalRejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang,"IlmuPolitik,Semarang 19 Agustus 2019.

R. I. P. Jimmy Pratama, “Perancangan Dan Implementasi Animated Sticker Sebagai Media Edukasi Mengenai COVID-19 dengan Menggunakan Metode MDLC, “Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol.7, no. 2, pp. 1-12, 2021.

Wahyu Rahmadianto,”Rancang Bangun Index Kepuasan Masyarakat Layanan Publik Dengan Menggunakan Prototype pada Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sumatera Selatan,”T.informatika,Palembang Juli 2019

K. F. Irnanda and A. P. Windarto,”Penerapan data mining dengan Algoritma C4.5 Dalam Meningkatkan Kecakapan Berbahasa Inggris dalam Masyarakat,” Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 304-308,2020.

Ade Yuliana and Duwi Bayu Pratomo,” ALGORITMA DECISION TREE (C4.5) UNTUK MEMPREDIKSI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN POLITEKNIK TEDC BANDUNG,” Program Studi Teknik Informatika - Politeknik TEDC Bandung. Pp 22-2, 2019

Published

2023-07-20

How to Cite

Sulaiman, R., Raya, A. M., Laurentinus, & Setiawan, A. (2023). IMPLEMENTATION OF C4.5 ALGORITHM FOR ASSESMENT OF COMMUNITY SATISFACTION. Jurnal Informatika Dan Tekonologi Komputer (JITEK), 3(2), 123–133. https://doi.org/10.55606/jitek.v3i2.1826

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.