Penggunaan Wadah Kantong Plastik oleh Penjual Kue Tradisional di Kota Parepare

Authors

  • Asniar Khumas Universitas Negeri Makassar
  • Salsabila Sri Ramadhani Universitas Negeri Makassar
  • Waliyah Jihan Atiqah Wahid Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1180

Keywords:

Sampah plastik, Penjual Kue Tradisional

Abstract

Penggunaan wadah kantong plastik oleh penjual kue tradisional di kota Parepare sangat memprihatinkan. Banyaknya wadah kantong yang menjadi tumpukan sampah plastik dapat menyebabkan berbagai macam kerusakan lingkungan. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak sampah yang dihasilkan setiap hari oleh para penjual kue tradisional yang ada di kota Parepare. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 11 orang. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan data lapangan yang telah didapatkan, rata-rata penjual kue tradisional menghasilkan sampah kantong plastik sebanyak 2-3 kantong yang berisi 50-100 lembar kantong plastik. Setiap pembeli mendapatkan 2-3 kantong plastik. Pembeli mendapatkan dua sampai tiga kantong plastik dalam satu tempat setiap membeli aitem kue. Penjual menganggap hal tersebut adalah suatu yang wajar, karena mayoritas kebutuhan sehari-hari mereka menggunakan kemasan plastik sekali pakai, seperti makanan, minuman, perlengkapan mandi, bahan masakan, dan lain-lain. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi terhadap pemerintah dalam menetapkan kebijakan mengenai penggunaan sampah plastik.

References

Abdussamad, A. “Buku Metode Penelitian Kualitatis”, 2022.

Chaerul, Mochammad; Dewi, Titara Puspita. Analisis Timbulan Sampah Pasar Tradisional (Studi Kasus: Pasar Ujungberung, Kota Bandung). Jurnal Teknik Lingkungan, 2020, 98-106.

Detik.com. “Greenliving”. member detikforum.com/greenliving, 2011.

Greenpeace. Bumi Tanpa Plastik: Perspektif dan Tuntutan Publik Terhadap Kontribusi Korporasi dalam Krisis Pencemaran Plastik di Indonesia, 2021.

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Asniar Khumas, Salsabila Sri Ramadhani, & Waliyah Jihan Atiqah Wahid. (2023). Penggunaan Wadah Kantong Plastik oleh Penjual Kue Tradisional di Kota Parepare. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1), 19–23. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1180

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.