Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha dan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada UMKM

Authors

  • Ni Kadek Frischa Devi Marchaeni Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Zaenal Wafa Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1284

Keywords:

UMKM, NIB, HPP

Abstract

UMKM merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang berkontribusi besar pada perekonomian. Banyak pelaku UMKM yang kesulitan dalam mengembangkan usaha akibat kurangnya pemahaman. Usaha yang dilakukan belum memiliki izin yang legal, harga yang ditetapkan juga tidak dengan perhitungan yang tepat. Untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha terutama kepada pelaku usaha kecil, maka dilakukan kegiatan ini  dengan tujuan agar bisa membantu mewujudkan pengembangan usaha sehingga dapat lebih baik melalui pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang wajib dimiliki oleh sebuah usaha, dan melakukan penghitungan Harga Pokok Produksi (HPP) sebagai pertimbangan dalam memberikan harga yang sesuai dengan tujuan memperoleh keuntungan. Kegiatan dilakukan dengan metode sosialisasi, pendampingan, dan simulasi langsung kepada pemilik usaha yang terdiri dari dua tahap kegiatan yaitu pembuatan Nomor Induk Berusaha dengan sistem Online Single Submission dan simulasi perhitungan Harga Pokok Produksi yang dilakukan dengan menerapkan metode full costing. Dari kegiatan ini, pelaku usaha dapat memperoleh pengetahuan mengenai cara untuk dapat mengembangan usaha, serta memahami proses dan pentingnya pembuatan izin usaha serta perhitungan untuk mengetahui harga pokok produksi. Hasil dari kegiatan ini, pelaku bisa mendapat Nomor Induk Berusaha sebagai bukti izin usaha yang resmi dan memperoleh jaminan hukum, serta bisa menentukan biaya yang dikeluarkan untuk produksi sebagai pertimbangan untuk memberi harga jual kepada masyarakat agar bisa memperoleh keuntungan

References

Dariana. 2020. “Penetapan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Kain Tenun.” Jurnal Akuntansi Syariah 4 (2): 258–70.

Heryanto, H K, and A Gunawan. 2021. “Analisis Perbandingan Metode Full Costing Dan Variable Costing Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi.” Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 4–5. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2905/2253.

Kosasih, Elsje, Atty Yuniawati, Verawati Suryaputra, and Amelia Limijaya. 2018. “Model Perhitungan Harga Pokok Untuk Perusahaan Laundry.” Jurnal ASET (Akuntansi Riset) 9 (2): 1. https://doi.org/10.17509/jaset.v9i2.9219.

Milania, Lia, Tia Kartika, Dea Adira, and Wanda Alvionita Agustin. 2022. “DETERMINING PRODUCTION COSTS TO CALCULATE SERVICES AT UMKM AULIA LAUNDRY PENENTUAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENGHITUNG JASA PADA UMKM AULIA LAUNDRY Lia Milania1 Tia Kartika2 Dea Adira Putri3.” Research in Accounting Journal 2 (1): 97–102.

Permatasari, Dhiah, Shofiyah Salsabila, M Fikri Abdurrohman, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, and Universitas Pembangunan Nasional. 2022. “Pendampingan UMKM Dalam Pembuatan NIB Melalui Sistem Online Single Submission Di Kelurahan Karangsari Kota Blitar.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1 (2): 1479–85.

Wulandari, Ika, and Martinus Budiantara. 2022. “Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6 (2): 386–94.

Yuana Jatu Nilawati, Ali Gesang Widodo Budi, and Mayangsari. 2020. “PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI USAHA LAUNDRY DI BEKASI JAWA BARAT (COST CALCULATION TRAINING FOR LAUNDRY BUSINESS TRAINING IN BEKASI, WEST JAVA).” Jurnal Berdaya Mandiri 2 (2): 357–65.

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Ni Kadek Frischa Devi Marchaeni, & Zaenal Wafa. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha dan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1), 88–96. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1284

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.