SOSIALISASI BEDAH BUKU MICROSOFT OFFICE WORD 2016

Authors

  • Wandi Sujatmiko Politeknik Aisyiyah Pontianak
  • Fiolan Rangga S Politeknik Aisyiyah Pontianak
  • Zulfikar Tri A Politeknik Aisyiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1313

Keywords:

Pandemi, Covid-19, Belajar, Daring

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan masalah besar yang saat ini belum terselesaikan dan menimpa seluruh penjuru dunia. Hampir tidak ada negara yang tidak terkena dari dampak Covid-19 yang pertama kali muncul di RRC pada Desember 2019 (Edit and K, 2020). Virus yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya tersebut (Munthe, Nasution and Rambe, 2021), telah memporakporandakan kehidupan manusia, yang menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat (Disantara, 2020).  Data terakhir dari World Health Organization (WHO) menunjukkan sampai 7 September 2020 manusia terinfeksi virus ini sudah mencapai 27.293.825 jiwa, yang 194.109 jiwa di antaranya berasal dari Indonesia (Sujatmiko and Saputra, 2021).  Tingginya jumlah yang meninggal dan yang positif Covid-19 menunjukkan bahwa masih sulit mengendalikan penyebaran virus ini (Kosanke, 2019). Begitu masifnya virus ini menyebar ke lapisan masyarakat (Sulaeman and Supriadi, 2020), memaksa berbagai pihak dalam bidang dan sektor kehidupan melakukan transformasi untuk meminimalkan dampaknya agar tidak menimbulkan kerugian lebih besar (PH et al., 2020). Dalam bidang pendidikan,  yang sebagian besar sebelumnya belum bersentuhan dengan pola pembelajaran luar jaringan (luring, offline) (Maharani, Majid and Yuhanna, 2021), dengan persiapan dan kemampuan terbatas, terpaksa melaksanakan proses pembelajaran dan aktivitas pendukung lainnya beralih menjadi secara online. Melalui Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah pada tanggal 17 Maret 2020 telah memutuskan agar kegiatan pembelajaran bagi siswa dan mahasiswa secara daring, (Sherly, Edy Dharma, 2020). Merespon situasi yang ada, dan juga didorong oleh adanya SE tersebut, hampir semua perguruan tinggi di Indonesia langsung melaksanakan pembelajaran daring dalam mengantisipasi Covid-19 (Herlina, 2022). Namun sebelum SE itu keluar, banyak perguruan tinggi di tanah air telah menerapkannya, baik itu berbasis matakuliah maupun program studi sesuai dengan berbagai ketentuan yang sudah dikeluarkan Kemendikbud/Kemenristek-Dikti  jauh sebelum Covid-19 menerpa. Ada rambu-rambu dalam pengajaran daring ataupun juga pendidikan jarak jauh ini. Oleh karena itu, Perguruan tinggi tidak boleh serta merta untuk langsung melaksanakan pembelajaran daring tanpa memperhatikan metode dan struktur yang benar, karena akan menimbulkan problematika dalam proses pembelajaran, di samping juga dapat menurunkan kualitasnya.  Metode dan struktur pembelajaran daring yang tidak tepat akan dapat memerosotkan secara signifikan kualitas pendidikan di tanah air.

References

Disantara, F. P. (2020) “JCH (Jurnal Cendekia Hukum) TANGGUNG JAWAB NEGARA DALAM MASA PANDEMI COVID-19,” JCH (Jurnal Cendekia Hukum), 6(1), pp. 48–60. doi: 10.3376/jch.v6i1.262.

Edit, S. H. and K, M. (2020) “Pembelaajaran Daring PTMA di Masa Pandemi Covid-19,” pp. 68–70.

Herlina, N. (2022) “Manajemen Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19,” 2, pp. 102–108.

Kosanke, R. M. (2019) “Pelaksanaan Operasi Yustisi Oleh Kepolisian Daerah Riau di Kota Pekanbaru Guna Mendukung Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Terwujudnya Situasi Kambtibmas Yang Kondusif Serta Untuk Mencegahan Dan Mngendalikan Penyebaran Corona Virus Disease 2019,” 1(1), pp. 31–42.

Maharani, S., Majid, M. and Yuhanna, W. L. (2021) “Wisata Barokah : Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di RA Al-Ikhlas Mantren,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), pp. 1676–1687. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.992.

Manalu, A. S. et al. (2021) “Rancang Bangun Infrastruktur Cloud Computing Dengan Openstack Pada Jaringan Lokal Menggunakan Virtualbox,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), 4(2), p. 303. doi: 10.37600/tekinkom.v4i2.335.

Munthe, I. rasyid, Nasution, A. P. and Rambe, B. H. (2021) “Transaksi Uang dan Dompet Digital Pada Saat Masa Pandemi Virus Corona (Covid-19),” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(1), pp. 1–6. doi: 10.51903/jtikp.v12i1.223.

PH, L. et al. (2020) “Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences,” Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), pp. 37–48.

Saifuddin, M. F. (2018) “E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa,” Jurnal VARIDIKA, 29(2), pp. 102–109. doi: 10.23917/varidika.v29i2.5637.

Sherly, Edy Dharma, A. S. (2020) “Implementasi pembelajaran daring sebagai solusi pencegahan penyebaran covid-19 (studi kasus di smp swasta sultan agung pematangsiantar) 1,” 19(36962).

Sujatmiko, W. and Saputra, F. R. (2021) “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Animaker Bagi Guru Smk Negeri 9 Pontianak,” JUTECH : Journal Education and Technology, 2(1), pp. 1–13. doi: 10.31932/jutech.v2i1.1218.

Sulaeman, S. and Supriadi, S. (2020) “Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Diseases–19 (Covid-19),” Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), pp. 12–17. doi: 10.33394/jpu.v1i1.2548.

Suwandi, E. A. (2022) “Analisis Proses Pembelajaran , Hambatan , dan Strategi Guru Sma Negeri 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur dalam Melaksanakan Pembelajaran di Tengah Antisipasi,” 2(36962), pp. 65–75.

Yanti, B., Priyanto, H. and Zulfikar, T. (2020) “Sosialisasi waspada infeksi corona virus pada lansia di Panti Jompo Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang, Dinas Sosial Aceh,” MARTABE Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 67–72.

Downloads

Published

2023-04-27

How to Cite

Wandi Sujatmiko, Fiolan Rangga S, & Zulfikar Tri A. (2023). SOSIALISASI BEDAH BUKU MICROSOFT OFFICE WORD 2016. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1), 115–120. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.1313

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.