Pengembangan Wirausaha Peternak Ikan Jaring Terapung di Desa Batulayang Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Rian Andriani Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Angki Wibisono Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Willma Fauzzia Pasca Sarjana Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Najip Hendra S Parino Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Saparingga Dasti Putri Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Fransiska Sabu Kopong

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1693

Keywords:

peternak ikan jaring terapung, wirausaha, pengembangan

Abstract

Pengembangan wirausaha peternak ikan jaring terapung di Desa Batulayang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya menjadi langkah strategis dalam mendorong pertumbuhan usaha peternak ikan jaring terapung.

Kolaborasi antara akademisi, ahli perikanan, pemerintah daerah, dan masyarakat setempat menjadi kunci keberhasilan dalam pengembangan wirausaha ini. Fokus utama kegiatan pengabdian adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada peternak ikan jaring terapung. Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan dukungan bagi para peternak untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keuntungan usaha.

Penyuluhan memberikan pemahaman mengenai strategi pengembangan wirausaha, manajemen usaha, pemasaran, dan teknik budidaya ikan jaring terapung yang optimal. Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dan keahlian peternak dalam mengelola usaha, meningkatkan efisiensi operasional, dan menghasilkan produk ikan berkualitas.

Tantangan yang dihadapi peternak saat ini adalah pendapatan yang tidak memadai. Oleh karena itu, pengembangan usaha dan diversifikasi produk menjadi fokus utama dalam kegiatan pengabdian ini. Dengan peningkatan keterampilan dan dukungan yang diberikan, diharapkan peternak dapat mengembangkan produk olahan ikan dengan nilai tambah dan memperluas jangkauan pasar.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan dan kolaboratif, diharapkan terjadi peningkatan berkelanjutan dalam usaha peternak ikan jaring terapung di Desa Batulayang. Peningkatan pendapatan peternak akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat setempat, pertumbuhan ekonomi lokal, dan pengurangan tingkat kemiskinan di pedesaan. Upaya ini juga dapat menjadi contoh dan model inspiratif dalam pengembangan wirausaha perikanan di daerah lain.

References

Poltak, H., Hendra Prakoso, G., Gunaisah, E., Ali Ulat, M., Zaki Latif, M., Sayuti, M., Sururi, M., & Winarno, B. (2021). PENDAMPINGAN KELOMPOK KEWIRAUSAHAAN MUDA BAGI PEMULA BIDANG KELAUTAN DAN PERIKANAN DI POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN SORONG. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 96–103. https://doi.org/10.31764/JPMB.V4I2.4025

Wardah, W., & Rahayu, R. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUDIDAYA IKAN MELALUI PELATIHAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA DIVERSIFIKASI PANGAN OLAHAN ASAL IKAN. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 1(03), 32–39. https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/158

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Andriani, R., Wibisono, A., Fauzzia, W., Parino, N. H. S., Putri, S. D., & Kopong, F. S. (2023). Pengembangan Wirausaha Peternak Ikan Jaring Terapung di Desa Batulayang Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 194–198. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1693

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.