Strategi Pemasaran Digital Untuk Kelompok Peternak Ikan Jaring Terapung KP Leuwi Nutug Kecamatan Cililin

Authors

  • Kahar Mulyani Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Gartika Rahmasari Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Chairil M Noor Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Hera Wahyuni Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Faizal Faizal Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1870

Keywords:

Marketing Digital, peternak ikan jaring terapung, strategi pemasaran

Abstract

Kampung Leuwi Nutug Kecamatan Cililin merupakan bagian dari daerah Kabupaten Bandung Barat, yang sebagian penduduknya berpenghasilan melalui peternak ikan jaring terapung. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut hampir semua bidang untuk menyesuaikan dengan teknologi tersebut. Tingkat penguasaan ilmu dan teknologi merupakan bukti nyata dari keberhasilan pembangunan peternak ikan. Teknologi pemasan secara digital yang terus menerus berkembang pesat saat ini, membantu penggunanya dalam menyampaikan informs/pesan iklan kepada masyarakat terutama konsumen ikan nila. Digital marketing dengan memanfaatkan media elektronik dapat berupa iklan pada stasiun televisi maupun radio, sedangkan media online dapat berupa pemasaran memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, serta e-commerce lainnya yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada dan yang lainnya.  Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada sentra budidaya ikan terapung yang berada di Kampung Leuwi Nutug Kecamatan Cililin. Sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pembudidaya ikan terapung. Adapun dalam memperoleh data melalui wawancara langsung kepada pemilik ikan jaring terapung. Dalam kegiatan pengabdian ini terhadap aktivitas usahanya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk wawancara dan observasi. Adapun hasil yang didapatkan berdasarkan survei dan wawancara, bahwa peternak ikan terapung di Kampung Leuwi Nutug Kecamatan Cililin masih belum menggunakan pemasaran secara online.

Kata Kunci: Pemasaran digital, peternak ikan, strategi pemasaran

References

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Alma, B. 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta : Bandung.

Andy Prasetyo Wati, Jefry Aulia Martha, Aniek Indrawati. ( 2020 ). Digital Marketing, Malang: PT. Literindo Berkah Karya,.

Kotler, Amstrong. ( 2001) Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Machmud, M. (2012). Perkembangan teknologi dalam industri media. Jurnal Teknik Industri, 12(1), 57–64.

Mandasari, C. S., Idawati, I. A. A., & Mahendrawati, N. L. M. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Pada Kelompok Nelayan Sumber Ayu. International Journal Of Community Service Learning, 4 (November), 314–320. https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/29630

Sabila, Nur. (2019). Pengantar Belajar Digital Marketing. Semarang: Stekom.

Syafi’i, Ahmad ; Sjamsier Husen, and K. K. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Graha Ponsel Vanflosel. Future: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 12–17.

Urmila (2019). Perkembangan Wisata Belanja “Oleh-Oleh Makanan” di Kota Malang, Jurnal Master Pariwisata (JUMPA)

Wibowo, Dimas Hendika and Z. A. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Mulyani, K., Rahmasari, G., Noor, C. M., Wahyuni, H., & Faizal, F. (2023). Strategi Pemasaran Digital Untuk Kelompok Peternak Ikan Jaring Terapung KP Leuwi Nutug Kecamatan Cililin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 227–233. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1870

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.