PENGENALAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI BUKUWARUNG PADA PELAKU UMKM DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA

Authors

  • Doria Ervina Mompala Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Endang Sri Utami Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1894

Abstract

Pencatatan laporan keuangan umumnya sangat penting bagi pelaku usaha sebagai acuan dalam pengambilan keputusan dalam menjalankan usahanya. Laporan keungan berisi catatan pemasukan dan pengeluaran setiap usaha.Namun bagi pelaku UMKM seringkali  mengalami kesulitan dalam mengelola laporan keuangan  dan kurang mengetahui pentingnya pencatatan laporan keuangan bagi usaha mereka. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberi pengetahuan dan keterampilan dalam membuat laporan keuangan berbasis digital dengan memanfaatkan aplikasi BukuWarung bagi mitra UMKM di pasar beringharjo. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masayarakat  ini yaitu 1) survey 2) pelaksanaan kegiatan 3) hasil .Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini para pelaku UMKM dapat mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran, mencatat stok barang, mengetahui keuntungan dan kerugian pada tiap penjualan, serta mengetahui laporan keuangan secara otomatis.

References

Fitriani, Y. (2021). ANALISA PEMANFAATAN APLIKASI KEUANGAN ONLINE SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGELOLA ATAU MEMANAJEMEN KEUANGAN. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(2), 454–461.

Arnetta. (n.d.). Solusi Mudah Mencatat Transaksi Penjualan dengan BukuWarung. Retrieved from https://dailysocial.id/post/cara-menggunakan-buku-warung

Abror, R. U., & Sukmawati, C. E. (2023). PELATIHAN PENYUSUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI BUKU WARUNG PADA UMKM KEDAI MALAMILA. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(2), 8059-8062.

Legowo, M. B., Widiiputra, H. D., & Nugrahanti, T. P. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi Digital Untuk UMKM di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(2), 76-90.

Santiago, M. D., & Estiningrum, S. D. (2021). Persepsi dan Pemahaman Pelaku Usaha Terhadap Pentingnya Laporan Keuangan pada UMKM. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 199-205.

Larassati, F. A., & As’ari, H. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Aplikasi Keuangan BukuWarung pada Home Industry Katering Big Alind di Kelurahan Sendangadi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(2), 01-06.

Tahani, L. A., & Husna, A. I. N. (2022). Peningkatan Kinerja Usaha Warung Sembako Dengan Pencatatan Keuangan Di Era Digital Di Desa Cicadas. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 149-152.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Doria Ervina Mompala, & Endang Sri Utami. (2023). PENGENALAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI BUKUWARUNG PADA PELAKU UMKM DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 199–204. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1894