Penyuluhan: Gizi Seimbang Saat Puasa Pada Kelompok Pkk Se-Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Has’ad Rahman Attamimi STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Yunita Lestari STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Ririn Akmal Sari STIKES Griya Husada Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i2.278

Keywords:

Gizi Seimbang Saat Puasa, Penyuluhan, Gizi

Abstract

Puasa merupakan kegiatan menahan haus dan lapar yang dilakukan dengan sadar oleh seseorang atau sekelompok orang dalam jangka waktu dan tujuan tertentu. Dalam hal ini, pusa yang dimaksud adalah kegiatan menahan haus dan lapar selama satu bulan penuh yang dilaksanakan oleh ummat muslim sebagai wujud ibadah pada bulan suci Ramadhan. Dalam melaksanakan puasa tentu membutuhkan stamina yang baik. Untuk mendapatkan stamina yang baik, selain dari istirahat yang cukup juga dibutuhkan gizi yang cukup. Sehingga pengaturan pola makan perlu dilakukan. Pola makan yang tidak sehat selama puasa seperti sering mengkonsumsi makanan siap saji, melewatkan makan sahur dan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang berlebihan justru berdampak kurang baik bagi tubuh yang secara langsung juga berdampak pada kondisi kesehatan. Oleh karena itu, untuk dapat memastikan masyarakat yang menjalankan puasa tetap dalam kondisi sehat dengan terpenuhinya gizi yang seimbang, maka dilakukan kegiatan penyuluhan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam pemenuhan gizi seimbang trutama saat berpuasa. Kegiatan ini juga dilaksankan dalam mekanisme Pengabdian Masyarakat dengan metode pemberian penyuluhan sehari dengan memanfaatkan media Google meet (online) kepada kelompok PKK se-Kabupaten sumbawa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya perbedaan antar sebelum dilakukan penyuluhan dan setelah dilakukan penyuluhan. Perubahan tersebut diantaranya dapat dilihat melalui perbedaan hasil Pretest dan Post test serta hasil wawancara dengan peserta penyuluhan. secara umum dapat disimpulkan, hasil kegiatan penyuluhan tentang Keseimbangan Gizi saat berpuasa kepada kelompok PKK se- Kabupaten Sumbawa berjalan baik serta mampu meningkatkan pemahaman serta kesadaran masyarakat terkait pentingnya pemenuhan gizi seimbang baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat berpuasa.

References

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta

Lubis, Yuni Tamara, 2018. Hubungan Penerapan Prinsip Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Medan. Skripsi. http://repo.poltekkes-medan.ac.id/jspui/bitstream/123456789/1039/1/SKRIPSI%20YUNI.pdf, Akses 20 Maret, 2022.

Sajjadi S. F., dkk. 2018. Effects of Ramadan Fasting on Macronutrient and Micronutrient Intakes: An Essential Lesson for Healthcare Professionals. J Nutrition Fasting Health, 6 (4), 205-212. doi: 10.22038/jnfh.2019.36737.1160.

Sari, Ririn Akmal. 2022. Pemateri: Penyuluhan Gizi Seimbang Saat Berpuasa. Sumbawa

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Has’ad Rahman Attamimi, Yunita Lestari, & Ririn Akmal Sari. (2022). Penyuluhan: Gizi Seimbang Saat Puasa Pada Kelompok Pkk Se-Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(2), 175–179. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i2.278

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.