Pemberdayaan Petani Karet Dalam Pemasaran Hasil Tani Melalui Media Digital

Authors

  • Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh Lambung Mangkurat University
  • Widyakanti Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.603

Keywords:

mediadigital, petanikaret, pemasaran

Abstract

Indonesia Sebagai negara dengan produksi karet yang besar memiliki banyak petani yang bergantung pada hasil karet alam. Dalam beberapa tahun terakhir karet mengalami penurunan harga yang cukup drastis. Kabupaten Tanah Laut menjadi salah satu wilayah penghasil karet di Kalimantan Selatan. Komoditi unggulan wilayah Kabupaten Tanah Laut salah satunya adalah karet, yang mana karet telah dibudidayakan secara turun temurun sejak jaman dulu dan sebagian besar merupakan usaha perkebunan yang dikelola oleh masyarakat secara pribadi. Mitra pada pengabdian masyarakat kali ini adalah para petani karet yang berada di desa Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan, yang mana petani karet disana biasanya hanya menjual hasil tani pada perusahaan-perusahaan karet yang ada di Banjarmasin. Dengan kondisi yang dihadapi para petani karet tersebut, maka penulis memberikan edukasi pemanfaatan media digital kepada petani karet agar bisa menyasar masyaralat umum sebagai konsumen, untuk itu petani perlu mengolah karet yang telah disadap tersebut menjadi karet cair (lateks) terlebih dahulu sehingga karet tidak mengeras ketika dalam kemasan. Pemberdayaan petani ini bertujuan agar mereka tidak hanya bergantung pada perusahaan karet saja untuk menjual hasil kebunnya, tetapi juga mengedukasi bahwa hasil kebun juga bisa dipasarkan melalui media digital.

References

Dewi, I. R., & Herminiwati, H. (2014). Lateks karet alam untuk sol sepatu: Metode pembuatan, sifat mekanik dan morfologi. Majalah Kulit, Karet, dan Plastik, 30(2), 61-70.

Ratismar, R. (2017). PENGARUH PERBEDAAN JUMLAH LARUTAN AMONIA 2, 5% SEBAGAI ZAT ANTIKOAGULAN TERHADAP LAMANYA WAKTU PRAKOAGULASI LATEKS DAN SIFAT FISIK KOAGULUM YANG DIHASILKAN (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Rencana Strategis Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat tahun 2020 – 2024

Penjualan Getah Karet, Artikel https://rri.co.id/gunung-sitoli/ekonomi/1181182/harga-penjualan-getah-karet-naik-petani-karet-mulai-semangat diakses 28/02/2022

Profil Kabupaten Tanah Laut, https://sippa.ciptakarya.pu.go.id/sippa_online/ws_file/dokumen/rpi2jm/DOCRPIJM_1479777478BAB_2_PROFILE_KABUPATEN_TALA_-_SESUAI_OUTLINE.pdf diakses 28/02/2022

Potensi Perkebunan, artikel https://dpmptsp.kalselprov.go.id/web/potensi-perkebunan/ diakses 28/02/2022

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Hidayatur Rafiqoh, P. A., & Widyakanti. (2023). Pemberdayaan Petani Karet Dalam Pemasaran Hasil Tani Melalui Media Digital . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 177–186. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.603

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.