OPTIMALISASI KEMAMPUAN UMKM MELALUI STRATEGI PENINGKATAN VALUE PRODUK UNTUK MENCAPAI PRODUK LOKAL UNGGULAN DI KELURAHAN RONTU KOTA BIMA

Authors

  • kartin Aprianti Sekolah tinggi Ilmu EKonomi (STIE) Bima
  • Mulyadin STIE BIMA
  • Nafisah Nurul Rachmatia STIE BIMA
  • Dwi Alladin STIE BIMA
  • Muhammad Syarif STIE BIMA
  • Saodah STIE BIMA

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.616

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT_MBKM STIE BIMA adalah untuk memberdayakan pelaku UMKM sehingga kemampuan dari UMKM kelurahan Rontu menjadi lebih optimal. Pemberdayaan ini dilakukan dengan meningkatkan nilai produk melalui inovasi produk (rasa dan tampilan produk) dan inovasi kemasan produk yang eye-catching. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah sosialisasi, pelatihan dan pendampingan melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menghasilkan inovasi rasa produk yang beragam dan tampilan warna produk yang menarik serta kemasan produk yang kokoh dan aman dengan desain yang menarik.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

kartin Aprianti, Mulyadin, Nafisah Nurul Rachmatia, Dwi Alladin, Muhammad Syarif, & Saodah. (2022). OPTIMALISASI KEMAMPUAN UMKM MELALUI STRATEGI PENINGKATAN VALUE PRODUK UNTUK MENCAPAI PRODUK LOKAL UNGGULAN DI KELURAHAN RONTU KOTA BIMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(3), 321–328. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i3.616