Jurnal Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Materi Organ Gerak Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas V SD N Pinang Ranti 01 Pagi

Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Risky dwiprabowo STKIP Kusuma Negara Jakarta
  • Budiono STKIP Kusuma Negara Jakarta
  • Khikmah STKIP Kusuma Negara Jakarta
  • Supatmi STKIP Kusuma Negara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i1.1079

Keywords:

Minat Belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya minat belajar siswa kelas V SDN Pinang Ranti 01 Pagi, Jakarta Timur dalam mata pelajaran IPA. Hal tersebut dikarenakan metode dan media yang digunakan guru di kelas tersebut masih kurang menarik, sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat siswa kelas V SDN Pinang Ranti 01 Pagi dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

References

Amalia Sapriati, (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitafif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Slameto.(2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.

Rineka Cipta: Jakarta.

Susanto ahmad. (2018). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenada

Media Group: Jakarta.

Poerwadarminta Wjs. (1971). Umum Bahasa Indonesia.

PN:Jakarta.

B. Uno Hamzah.Teori Motivasi Dan Pengukurannya.

Bumi Aksara: Jakarta.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Risky dwiprabowo, Budiono, Khikmah, & Supatmi. (2023). Jurnal Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Materi Organ Gerak Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas V SD N Pinang Ranti 01 Pagi: Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(1), 23–28. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i1.1079

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.