UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI SURUSUNDA 01 KARANGPUCUNG

Authors

  • Ririn Priyadi STKIP Darussalam Cilacap
  • Devy Riri Yuliani STKIP Darussalam Cilacap
  • Alfi Mukhlis Kurniawan STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3.1309

Keywords:

Discoveri learning, hasil belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA melalui penerapan model discovery learning pada materi tumbuhan kelas VI SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung. Peneliti ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktifitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VI SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung.

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung yang berjumlah 18 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (Celassroom Action Research). Desen peneliti yang digunakan adalah model Discovery Learning yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, setelah refleksi. Instumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal individu dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskritif kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I pertemuan I aktifitas peserta didik menujukkan 58% dengan nilai rata-rata sebesar 74, pertemuan II menunjukan 75% dengan nilai rata-rata sebesar 85. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I yaitu pada aspek orentasi, merumusan hipotesis sederhana, dan merumuskan kesimpulan, aktifitas peserta didik mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus II penemuan I aktifitas peserta didik menujukan 58% dengan nilai rata-rata sebesar 74, dan pertemuan II menunjukan 75% dengan nilai rata-rata sebesar 85. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA di kelas VI SD Negeri Surusunda 01 Karangpucung. Peningkatan aktifitas peserta didik, merumuskan hipotesis sederhana, mengumpulkan data, dan merumuskan kesimpulan.

References

Anni. (2004). MKDK-IKIP Semarang. Psikologi Belajar : IKIP Semarang.

Ghufron, Moh. (2017). Filsafat Pendidikan. Depok Seleman Yogyakarta: Kalimedia.

Hamalik, Oemar. (2000). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: P.T. Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: P.T. Bumi Aksara

Hikmah-adit.blogspot.com/2013/10/bagian-bagian-tumbuhan-bab-3.html

Husnah, Ismaul. (2017). Pningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discoviy Learning Tema 1 Kelas IV SD Negeri 01 Beringin Raya Kalimantan Bandar Lampung. Sekripsi. FKIP Universitas Lampung.

Irene, Hilda, Kristiyono (2015). Espes & Simpel Moderen, Erlangga Straight Poinet Series. Jakarta: Erlangga.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Mentri Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Mulyono, Anton M. (2001). Kamus Besar Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran, Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sumadi suryabrata, (2003). Proses Belajar Mengajar di Pergurua Tinggi,Yogyakarta,Andi Ofset.

Syah, Mubihin. (2008). Pisikolog Belajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Ririn Priyadi, Devy Riri Yuliani, & Alfi Mukhlis Kurniawan. (2021). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI SURUSUNDA 01 KARANGPUCUNG . Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(3), 122–137. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3.1309

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.