Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Gambar Materi Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Sindangbarang 05

Authors

  • Nur Rahmi STKIP Darussalam Cilacap
  • Febri Isnawati STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3.1311

Keywords:

Minat Belajar, Media Gambar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan menggunakan media gambar materi siklus air mata pelajaran IPA kelas V SDN Sindangbaran 05. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik, hal ini terlihat dari sedikitnya peserta didik yang memperhatikan dan aktif ketika proses pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Sindangbarang 05. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi terhadap tindakan. Berdasarkan hasil analisis angket minat belajar peserta didik dalam penelitian ini menunjukkan 57%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I minat belajar peserta didik mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis pada siklus II minat belajar peserta didik meningkat sebanyak 24% sehingga menjadi 81%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik materi siklus air mata pelajaran IPA kelas V SDN Sindangbarang 05.

References

Arifin, B. 2001. Pengelolaan Sumber Daya. Erlangga: Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Arsyad, A.2017.Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Tinggi: Jakarta.

Erianto, U.2016.Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa DenganMenggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Krapyak

Wetan.Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Hayati, S. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia: Magelang.

Republik Indonesia. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Sekretariat Negara: Jakarta.Republik Indonesia. 2003. Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1. Sekretariat Negara: Jakaerta.

Rinawati, S. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengguanakan Media Gambar Pokok BahasanMengenai Rangka Manusia Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 12 Nasal.Skripsi. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Setiawan, D. 2008. Komputer dan Media Pembelajaran. Universitas Terbuka: Jakarta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.

Sudjoko, Wijaya, A, Hidayati, S, Mariyam, S, Setyaningsih, W. 2009. Pendidikan Lingkungan Hidup. Universitas Terbuka: Jakarta

Sugiono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung

Sundayana, R. 2018. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika.Alfabeta: Bandung.

Wardhani, I dan Wihardit, K. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka: Banten.

Winataputra, Udin S. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran.Universitas Terbuka: Jakarta.

Zusnani, I. 2013. Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMP. Platinum.

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Nur Rahmi, & Febri Isnawati. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Gambar Materi Siklus Air pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Sindangbarang 05. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(3), 110–121. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3.1311

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.