Analisis keterampilan dan kesulitan pembaca permulaan pada siswa sekolah dasar

Authors

  • Yulianti Yulianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dewi Wulan Sari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1460

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai analisis keterampilan dan kesulitan membaca permulaan pada siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif. Pada metode deskriptif-kualitatif peneliti melakukan observasi dan mengumpulkan data secara langsung di lapangan kemudian data tersebut dianalisis untuk kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan atau deskripsi. Penelitian dilakukan di kelas III (tiga) SDIT Bunayya tahun pelajaran 2022/2023 pada semester genap. Membaca permulaan merupakan kegiatan mengenal huruf dan kata-kata yang dihubungkan dengan bunyi dan makna sehingga memperoleh kesimpulan dari bacaan tersebut. Membaca permulaan merupakan keterampilan tahap awal yang harus dimiliki setiap siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian ini yaitu masih terdapat beberapa siswa kelas III (tiga) SDIT Bunayya yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Kesulitan siswa dalam membaca permulaan tersebut disebabkan oleh faktor fisiologis, intelektual, lingkungan dan psikologis.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Cindrakasih, F., & Paujiah, E. (2021). Analisis Kesulitan Anak Kelas Tiga Sekolah Dasar dalam Membaca Permulaan. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(80), 10–16. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1413

Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F. S., Ningsih, Y. F., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 75. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i2.24990

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/526

Muslih, M. A., Odah, S. ", Hasan, N., & Tangerang, M. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 Di SD Negeri Pekojan 02 Petang Kota Jakarta Barat. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 66–83. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558

Pridasari, F., & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 432–439. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.8054

Senadianto. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI MUKA HAJI KECAMATAN GUNUNG BINTANG AWAI KABUPATEN BARITO SELATAN Senadianto SD Negeri Muka Haji INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. Jurnal Mitra Pendidikan , 6(2), 73–81.

Sunanih, S. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 38–46. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.89

Taseman, Akhmad, Aulia Puspita, D. P. S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162.

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Yulianti, Y., Dinie Anggraeni Dewi, & Dewi Wulan Sari. (2023). Analisis keterampilan dan kesulitan pembaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 172–178. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1460