PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “PASITUKAL” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH SENGGOTAN

Authors

  • Yuyun Ovi Wulandari Universitas PGRI Yogyakarta
  • Mahilda Dea Komalasari Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1750

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Pasitukal, Kemampuan Berhitung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) membuktikan kelayakan media pembelajaran interaktif “pasitukal”; 2) membuktikan efektivitas media pembelajaran interaktif “pasitukal”;3) membuktikan kepraktisan media pembelajaran interaktif “pasitukal” untuk meningkatkan kemampuan berhitung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model Borg & Gall. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III yang terdiri dari  kelas III A sebanyak 20 siswa dan  III B sebanyak 15 siswa di SD Muhammadiyah Senggotan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan persentase. Hasil penelitian ini adalah: 1) hasil kelayakan media pembelajaran berdasarkan validasi terhadap materi,  diperoleh persentase 73,68% dengan kategori “layak” dan hasil validasi terhadap media diperoleh persentase 91,30% dengan  kategori “sangat layak”; 2) hasil efektivitas media pembelajaran berdasarkan perhitungan uji N-Gain Score pada kelas III A diperoleh 58% dengan kategori “cukup efektif”, sementara pada kelas III B diperoleh 56% dengan kategori “cukup efektif”; 3) hasil kepraktisan media berdasarkan respon guru diperoleh 81,82% dengan kategori “sangat baik”, sedangkan berdasarkan respon siswa pada uji coba terbatas diperoleh persentase 81%-100% dengan kategori “sangat baik” dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 81%-100% dengan kategori “sangat baik”, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif “pasitukal”  terbukti layak, efektif dan praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung.

References

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN:jURNAL Ilmu-ilmu Kependidikan , 8(2), 145-167. Retrieved from http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/

Anggraeny, N. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Anak Usia Sekolah Dasar.Bachelor's thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64051

Arima, N., & Indrawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Box Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7), 1242-1251.

Dahlan, A. H., & Kondihi, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Stik (Stick Board) pada Materi Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 10-24. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.4412065

Darni. (2021). Keterampilan Berhitung Penjumlahan Menggunakan Media Manik-manik Warna Siswa Kelas I SD Negeri 223 Kampung Baru Sinjai Borong.Diploma Thesis. Universitas Bosowa.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Hasan, muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809-1815.

Hidayat , A. (2018). Pengembangan Media Pipa Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Keterampilan Hitung Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 4 Rumbuk Tahun Pembelajaran 2016/2017. Diploma Thesis. Sakra: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Hamzanwadi. http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3114

Indriyanti , N. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PPT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Studi Kasus: Siswa Kelas VB SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Under Graduate Thesis. Semarang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31035

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).91-96. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Komalasari, M. D., & Pamungkas, B. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Multisensori Pada Siswa Berkesulitan Belajar. Elementary School (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an), 6(1),50-58. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6i1.98

Komalasari, M. D. (2021). Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri. Kognisi: Jurnal Penelitian, 1(1), 30-34. https://doi.org/10.56393/kognisi.v1i1.68

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).1-24

Mantolas, antonia dan aleksander lakapu. (2019). Pengaruh Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Melalui Permainan Lompat Kelinci. ASIMTOT: JURNAL KEPENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 33-39. DOI: https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.96

Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. FITRAH, 3(1), 114-131. DOI: https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.1330

Nurfadhillah, septy, dkk. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289-298.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187.

Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Scolaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 131-149. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149

Pursanto, A. (2021). Penanganan Masalah Dalam Proses Pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan. PINISI: Journal of Teacher Professional, 2(2), 151-156.

Setyosari, punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan edisi keempat. Jakarta: Prenada Media Group.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Edisi, 2(3), 435-448.

Syamsuddin, S., & Jafar, M. I., & Patta, R. (2018). Analisis Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Negeri Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Publikasi Pendidikan, 8(1), 71-75. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Wulandari, Y. O., & Komalasari, M. D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “PASITUKAL” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH SENGGOTAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 336–351. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1750

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.