Teknik Penilaian Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Muhammad Anggana Galih Pratama Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Fahmi Alfianto Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang https://orcid.org/0000-0002-0166-2562
  • Nilam Khoirotus Sa'adah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Muhammad Miftahul Kamal Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i3.2182

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mendalami dan menganalisis teknik-teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan fokus pada pengukuran kemampuan peserta didik, serta pemberian umpan balik terhadap perkembangan dan pencapaian mereka. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode Sistematika Literature Review (SLR) yang melibatkan penelusuran literatur sebagai teknik pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan diinterpretasikan dengan seksama. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga dalam tiga aspek utama. Pertama, penelitian ini mengungkap makna dari penilaian hasil belajar dalam konteks PAI, menyoroti pentingnya pemahaman yang mendalam tentang pencapaian peserta didik. Kedua, penelitian mengidentifikasi beragam bentuk penilaian hasil belajar yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI, mulai dari ujian tertulis hingga proyek berbasis kreativitas. Ketiga, penelitian juga mengulas berbagai teknik yang dapat digunakan untuk melaksanakan penilaian hasil belajar. Implikasi dari temuan penelitian ini sangat relevan bagi praktisi pendidikan, guru, dan pengambil kebijakan. Informasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai alat evaluasi untuk meningkatkan efektivitas metode pengajaran dan kurikulum dalam pembelajaran PAI. Melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang teknik-teknik penilaian ini, pendidikan PAI dapat ditingkatkan secara berkelanjutan, memberikan manfaat positif bagi perkembangan peserta didik dan pendidikan agama secara keseluruhan.

Kata kunci: teknik penilaian, hasil belajar, efektivitas metode pengajaran

Author Biographies

Muhammad Anggana Galih Pratama, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Fahmi Alfianto, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Nilam Khoirotus Sa'adah, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Muhammad Miftahul Kamal, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

References

Arifin, Z. (2012). Penilaian Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2009). Pedoman Penilaian di Kelas. Jakarta: Pusat Penilaian Balitbang Depdiknas.

Fahyuni, N. d. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Gronlund, N. E. (1985). Measurement and evaluation in teaching. In Measurement and evaluation in teaching.

Iskandar, R. (2019). Pedoman Peniaian Hasil Belajar Peserta Didik. Sukabumi: CV. Jejak.

Juarsih, c. D. (2014). penilaian dan evaluasi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Kebudayaan, P. M. (2014). Indonesia Patent No. 104.

Lismaya, L. (2019). berpikir kritis & PBL (problem based learning). surabaya: media sahabat cendikia.

Marfuah, A. d. (2019). Penilaian Autentik pada pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) di sekolah dan perguruan tinggi. Fondatia 3.2, 35-58.

Ormrod, J. E. (2003). Educational Psychology, Developing Learners. Merril: Pearson Education Inc.

Reys, R. E. (1998). Helping Learn Mathematics. Boston: Allyn & Bacon.

Siregar, E. d. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sujana, N. d. (1990). Teknologi Pembelarajan. Bandung: Sinar Baru.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Suprananto, K. d. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan, 222-232.

Uno, H. B. (2022). Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

UNY, T. P. (2019). Instrumen Penilaian Keterampilan Mata Pelajaran Sosiologi SMA LKDP. Yogyakarta : UNY Press.

Widoyoko, P. E. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widyastuti, A. (2022). merdeka belajar dan implementasinya, merdeka gurusiswa, merdeka dosenmahasiswa, semua bahagia. jakarta: elex media komputindo.

Winaryati, E. (2018). Penilaian kompetensi siswa abad 21. prosiding seminar nasional & internasional, 6-19.

Woolfolk, A. (2007). Education Psychology. Boston: Pearson Education Inc.

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Muhammad Anggana Galih Pratama, Fahmi Alfianto, Nilam Khoirotus Sa’adah, & Muhammad Miftahul Kamal. (2023). Teknik Penilaian Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 16–24. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i3.2182