STRATEGI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Authors

  • Luqman Hakim Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Sarah Aini Amara Luthfiyah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.294

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Model Kooperatif, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak serta pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualiatif dengan menggunakan pendekatan berbasis kepustakaan yakni mencari referensi melalui artikel dan sumber lainnya yang dipandang relevan dan representatif. Hasil dan pembahasan menunjukkan strategi belajar merupakan rencana dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran harus dipahami dan dikuasai oleh guru guna tercapainya tujuan pendidikan karakter yang diinginkan. Guru diharapkan sudah mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, strategi, pendekatan, model, metode serta media pembelajaran sebagai bekal dalam pembentukan karakter siswa khususnya pada jenjang sekolah dasar. Model kooperatif yang kami gunakan pada penelitian ini diharapkan dapat berpengaruh baik dalam membentuk karakter siswa yang sesuai pada tujuan pendidikan.

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

Luqman Hakim, Sarah Aini Amara Luthfiyah, & Dede Indra Setiabudi. (2021). STRATEGI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 9–14. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.294

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.