EFEKTIFITAS ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK ANAK DI BKB PAUD RABBANI

Authors

  • Dian Novita Universitas Indraprasta PGRI
  • Lin Suciani Astuti Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.561

Abstract

Alat Permainan Edukatif (APE) adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain anak yang dapat  mengandung nilai pendidikan (edukatif). Puzzle adalah salah satu bentuk permainan yang dapat  mengasah kemampuan berpikir, mempermudah anak dalam hal mengingat dan memahami konsep yang di butuhkan. Kemampuan motorik halus seorang anak dapat dilihar dari sisi kemandirian anak dan fokus akan semakin baik saat melakukan kegiatan di usia pra sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas alat permainan edukatif puzzle terhadap kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini dilakukan di BKB Rabbani. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Populasi pada penelitian ini yaitu anak berumur 5-6 tahun sekitar 40 anak. Sedangkan sampel yang akan di teliti yaitu kelas B1 dan B2 Sekitar 20 anak. Berdassarkan hasil penelitian Hasil persentase (P) menghasilkan peningkatan keriteria kemampua motorik halus anak, dengan nilai pretest ke nilai posttest yaitu dari 64,37% menjadi 85,31%. Sedangkan dari uji hipotesis statistik menggunakan uji t (one sample test) mendapatkan nilai sig 0,000 < 0,05 yang menyimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa  menggunakan APE Puzzle dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam pencapaian berkembang sangat baik (BSB) lebih dari 75%.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Dian Novita, & Lin Suciani Astuti. (2022). EFEKTIFITAS ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK ANAK DI BKB PAUD RABBANI . Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 235–244. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.561