SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SMK SE-KOTA MERAUKE

Authors

  • Jori Lahinda Universitas Musamus
  • Feronika S. Jamlaay Universitas Musamus
  • Adi Sumarsono Universitas Musamus
  • Martha Betaubun Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.707

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan instrumen berupa angket. Hasil dari angket tersebut akan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan dituangkan dalam bentuk presentase. Hasil dari penelitian ini menunjukan tingkat pemahaman siswa terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMK Se Kota Merauke dengan nilai rata-rata tingkat pemahaman siswa terhadap Usaha Kesehatan Sekolah yaitu 91,05%. Tingkat pemahaman siswa terhadap Usaha Kesehatan Sekolah dengan kategori sangat tinggi sebesar 4,4%, tinggi sebesar 27,8%, sedang 38,5%,  rendah 23,4% , dan sangat rendah 5,9%. Kesimpulan yang didapat bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap UKS berdasarkan faktor pendidikan kesehatan, pelayanan, kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat berada pada kategori sedang.

Kata Kunci:  Pemahaman Siswa, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

References

J. Lahinda, P. Riyanto, A. I. Nugroho, and S. A. Pasinringi, “Effect of healthy living behaviour on physical fitness,” Enferm. Clin., vol. 30, 2020, doi: 10.1016/j.enfcli.2020.06.013.

N. S. Larasati, “TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS XI TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SMA SWASTA SE KECAMATAN DEPOK,” 2019.

Trisusanto, “ANALISIS KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAMUKS DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE- KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS SKRIPSI,” 2018.

R. N. Hidayat, “Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di SMA Negeri 1 Gamping,” Univ. Negeri Yogyakarta, vol. 12, pp. 1–7, 2016.

S. Aminah, E. Wibisana, Y. Huliatunisa, and I. Magdalena, “Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar,” J. JKFT Univ. Muhamadiyah Tangerang, vol. 6, no. 1, pp. 18–29, 2021.

R. Raudiah, N. L. Lubis, and T. Moriza, “ANALISIS PELAKSANAAN TRIAS UKS (USAHA KESEHATAN SEKOLAH) DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMP AN NIZAM MEDAN TAHUN 2019,” JUMANTIK (Jurnal Ilm. Penelit. Kesehatan), vol. 5, no. 1, pp. 99–110, 2020.

L. Kusmawati and G. Ginanjar S, “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Pembelajaran Matematika Di Kelas 3 Sdn Cibaduyut 4,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 1, no. 2, pp. 262–271, 2016, doi: 10.36989/didaktik.v1i2.32.

D. Syefriyani, “Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Model Pembelajaran Luar Kelas,” vol. 3, no. 2, pp. 141–147, 2018.

R. Flora, B. Melvia, and S. Purwanto, “Profil zat besi ibu hamil di daerah endemis malaria,” Kesmas J. Kesehat. Masy. Nas. (National Public Heal. Journal), vol. 8, no. 5, pp. 195–198, 2013.

M. T. Sari and D. Daryanto, “Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga melalui Pemberian Pendidikan Kesehatan dalam Merawat Anggota Keluarga dengan Gangguan Jiwa,” J. Abdimas Kesehat., vol. 3, no. 3, pp. 334–340, 2021.

T. A. Larasati, “Komunikasi Dokter-Pasien Berfokus Pasien pada Pelayanan Kesehatan Primer,” J. Kedokt. Univ. Lampung, vol. 3, no. 1, pp. 160–166, 2019.

F. R. Hidayat, “PERSEPSI GURU DAN SISWA TENTANG FUNGSI UKS (UNIT KESEHATAN SEKOLAH) DI SEKOLAH DASAR MUHAMAMDIYAH 4 SAMARINDA The,” J. ILMU Kesehat., vol. 5, no. 1, pp. 35–40, 2017.

M. Muliadi, “Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Terhadap Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar,” JIKAP PGSD J. Ilm. Ilmu Kependidikan, vol. 2, no. 2, p. 19, 2018, doi: 10.26858/jkp.v2i2.6858.

S. Sudirman and H. Setiawan, “Standar isi, bahasa, dan penyajian buku tematik terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan (2017) tema 2 ‘udara bersih bagi kesehatan’ kelas v kurikulum 2013,” J. Ilm. Pendas Prim. Educ. J., vol. 2, no. 1, pp. 35–41, 2021.

S. Anas, “Pengantar Statistik Pendidikan, Cet. 24; Jakarta: PT,” Raja Graf. Persada, 2012.

E. O. Privana, A. Setyawan, and T. Citrawati, “Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menulis Kata Baku dan Tidak Baku pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,” J. Pendidik. Bhs., vol. 11, no. 1, pp. 22–25, 2021.

W. Fitriana, A. Widodo, A. Kep, and W. Yuniartika, “Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Dengan Perilaku Hidup Sehat Lansia di Desa Wirogunan Kartasura.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

F. Imelda, M. Ns, H. Santosa, S. N. Lumbanraja, and S. M Ked OG, Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada Sekolah Dasar. Media Sains Indonesia, 2022.

E. B. Pratama, “Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017,” Pendidik. Jasm. Kesehat. dan Rekreasi, vol. 6, no. 7, 2017.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Lahinda, J., Feronika S. Jamlaay, Adi Sumarsono, & Martha Betaubun. (2022). SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SMK SE-KOTA MERAUKE. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 327–336. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.707