PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI
DOI:
https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.1069Keywords:
media pembelajaran, teknologi, literasi, numerasi.Abstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru SD Al Huda Kota Selatan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan lietrasi dan numerasi siswa. Pelatihan ini terdiri dari dua tahapan yakni tahap pertama berupa observasi dan wawancara, kemudian tahap kedua atau pelaksanaan yang terdiri dari pemaparan materi yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Pelatihan yang dilakukan menunjukkan adanya tambahan motivasi bagi guru untuk mecoba mengaplikasikan teknologi dan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan ini cukup efektif dilakukan terlihat dari antusiasme guru mengikuti pelatihan dan meminta diadakannya pelatihan serupa secara berkala.
References
Akreditasi, I. (2020). Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020.Jakarta: BAN SM
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
Rosdiana, L., Nurita, T., & Sabtiawan, W. B. (2018). Pengembangan Lkm Untuk Meningkatkan Literasi Sains Calon Guru Ipa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 27. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p27-32
Situmorang, R. P. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains. Satya Widya, 32(1), 49. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p49-56
Syofyan, H., & Ismail, I. (2018). Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Dalam Pembelajaran Ipa. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 65. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1189
Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., Vebryanti, V., & Tesaniloka P, M. (2019). Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20816