Pelatihan Penggunaan Google Classroom Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Di SD Swasta Pangeran Antasari

Authors

  • Saut M.Simamora STKIP Pangeran Antasari
  • Amir Danis STKIP Pangeran Antasari
  • Sri Ramadhani STKIP Pangeran Antasari
  • Sugito Sugito STKIP Pangeran Antasari
  • Siti Rahmadhani Siregar STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i1.1184

Keywords:

Google Classroom, Pembelajaran Online, Covid-19

Abstract

KKN yang dilaksanakan bertujuan untuk melatih siswa dan guru SD Swasta Pangeran Antasari menggunakan media e-learning Google Classroom di masa pandemi Covid 19. Dengan pelatihan ini, siswa dan guru dapat mengoptimalkan penggunaan Google Classroom dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dilakukan untuk menggali permasalahan terkait potensi e-learning di masa pandemi Covid 19. Pada tahap ini disampaikan materi e-learning dan pelatihan cara mengakses dan menggunakan Google Classroom. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui kendala selama pelatihan. Kegiatan ini menghasilkan peningkatan pengetahuan siswa dan guru SD Swasta Pangeran Antasari tentang e-learning dan terampil menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran online yang interaktif dan menyenangkan dalam proses kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid 19 dan produk e-learning yaitu Google Classroom sebagai media pembelajaran online yang mudah digunakan.

References

Ghulam, A. B., Ariyadi, D., & Astuti, I. P. (2018). Pemanfaatan E-learning Queffer School oleh Guru dan Siswa untuk Optimalisasi Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 153-160.

Hakim, A.B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1), 1-6.

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR “Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual”, 122-125. Makasar: Universitas Negeri Makassar.

Soni, Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., Wenando, F. A., Al Amien, J. Hasanuddin. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1), 17-20.

Zailani, A. U., Perdananto, A., Nurjaya, & Sholihin. (2020). Pengenalan Sejak Dini Siswa SMP tentang Machine Learning untuk Klasifikasi Gambar dalam Menghadapi Revolusi 4.0. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7-15.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Saut M.Simamora, Amir Danis, Sri Ramadhani, Sugito Sugito, & Siti Rahmadhani Siregar. (2022). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Di SD Swasta Pangeran Antasari. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(2), 85–97. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i1.1184