PELATIHAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DI SD PANGERAN ANTASARI

Authors

  • Sri Ramadhani STKIP PANGERAN ANTASARI
  • Siti Rahmadhani Siregar STKIP PANGERAN ANTASARI
  • Amir Danis STKIP PANGERAN ANTASARI
  • Saut Mardame Simamora STKIP PANGERAN ANTASARI
  • Sugito Sugito STKIP PANGERAN ANTASARI

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i2.1187

Keywords:

pelatihan penerapan kurikulum 2013, SD Pangeran Antasari

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Pangeran Antasari berjalan dengan lancar.Kegiatan yang diawali dengan penjelasan (tutorial) selama 3 hari. Setelah peserta melewati rangkaian kegiatan ini, diberikan pelatihan dan bimbingan Autentik Kurikulum 2013.Kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya bagi Guru SD Pangeran Antasari, karena merupakan solusi atas masalah sulitnya dalam penerapan kurikulum 2013 melalui kegiatan ini dapat diperoleh solusinya. Atas dasar itu, para peserta berkeinginan untuk merancang dan melanjutkan program ini melalui kegiatan lanjutan. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, kegiatan ini merupakan pelaksanaan program strategis untuk memberikan layanan pengembangan kompetensi guru, khususnya dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran yang berdasarkan kurikulum 2013. Adapun dari perspektif penentu kebijakan, kegiatan ini merupakan kepanjangan tangan untuk mensosialisasikan ragam kegiatan pengembangan profesi kepada para guru di lapangan, khususnya berupa autentik kurikulum 2013.

 

 

References

Ahmad, S. 2014. Problematika Kurikulum 2013 Dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan. Vol. 8, No. 2: 98-108

Alawiyah, F. 2015. Penghentian Sementara Kurikulum 2013. Jurnal Singkat. Vol. VII, No. 02: 9-12

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulu 13. Bogor: Ghalia Indonesia

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Majid, A. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Merta, I.M.E.D., I Made, S. & Luh, P.P.M. 2015. Analisis Penelitian Autentik Menurut Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Kelas IV SD No. 4 Banyusari. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 3, No. 1

Nasution, F.E. 2015. Kendala Guru Matematika Terhadap Penilaian Autentik Pada KUrikulum 2013 di SMA Negeri Meulaboh Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala

Nisa, A.N.K.,Rini, B., & Ahmad, F. 2015. Penyusunan Instrumen Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Pada Materi Suhu Dan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Vol. 14, No. 1

Pantiawati, Y. 2015. Hakekat Assessment Autentik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol.1, No.1:18-27

Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Hasil Penilaian Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

Ruslan, Tati, F. & Tuti, A. 2016. Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. Vol. 1, No. 1:147-157

Sunarti. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi Offset

Downloads

Published

2021-06-26

How to Cite

Sri Ramadhani, Siti Rahmadhani Siregar, Amir Danis, Saut Mardame Simamora, & Sugito Sugito. (2021). PELATIHAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DI SD PANGERAN ANTASARI. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1(2), 09–22. https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i2.1187