Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Pada Anak Desa Batu 12 Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai
DOI:
https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1250Keywords:
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Literasi, NumerasiAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi pada anak Desa Batu 12, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Metode yang dilakukan adalah persiapan pelaksanakan kegiatan pendidikan melalui bagan yang sudah dikonsep pada bidang pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 25 Februari 2023. Dampak dari kegiatan ini adalah peningkatan literasi dan numerasi pada anak anak di desa batu 12 yang berjumlah 179 orang, terdapat 47 anak yang kurang dalam Literasi dan 33 anak yang kurang dalam Numerasi. Hal ini disebabkan oleh lokasi daerah yang terpencil, fasilitas sekolah yang kurang memadai dan kurangnya motivasi belajar dari orangtua. Hasil dari kegiatan ini yaitu terdapat peningkatan jumlah siswa menjadi 27 orang sudah bisa Literasi dan 25 orang bisa Numerasi.
References
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Aziz Amrullah. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Studi Islam, 10(2), 1–14.
Dan, P. (2021). PENGABDIAN kEPADA MASYARAKAT.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Janiar, I., Halidjah, S., & . S. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STORY TELLING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5756
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Bidang Kesehatan. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 3, 101–109.
Noor, I. H. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285–297. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462
Notoatmodjo, S. (2008). Kesehatan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Kesmas: National Public Health Journal, 2(5), 195. https://doi.org/10.21109/kesmas.v2i5.249
Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 90–99. https://media.neliti.com/media/publications/284534-konsep-dasar-gerakan-literasi-sekolah-pa-c73ded5b.pdf
Sari, P. N., Jumadi, & Ekayanti, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) Untuk Penguatan Literasi-Numerasi Siswa. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.90