Pelatihan Komunikasi Asertif Pada Siswa SMKN Sebagai Wujud Personal Social Responsibility Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Pada Teman Sebaya
DOI:
https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1289Abstract
Abstract : Nowadays, Juvenile Delinquency often happened this time. It suspected by imitate behaviour action of peer friend. Teenagers were easy to infiltrated and influenced by many new things. With the weak self control can made them fall in to juvenile delinquency. This community service program were aimed to practiced and motivated the teenangers assertive communication skill as appreciation and responsibility for them self and others. The method used in this program were socialization and role play about the meaning of assertive as PSR implementation trough face to face activity. PSR help the teenagers to understand their role and responsibility for them self and social life. By embed the assertive behaviour, PSR can be appeared. The praticipants of this program were students form SMKN 49 Jakarta. The result of this community servive activity were created the participants knowledge in assertive communication skill as PSR implementation. This activity hoped can appeared the awareness and care of the teenagers social life. The other advantege was to supported government program in reducing the rate of juvenile court. It also to make the reponsible, strong character and independet generations.
Abstrak : Kenakalan remaja yang kerap terjadi saat ini ,banyak ditenggarai karena aksi ikut-ikutan perilaku teman sebaya. Remaja yang mudah untuk disusupi dan dipengaruhi berbagai hal serta lemahnya kontrol diri membuat mereka mudah terjerumus ke dalam tindakan kenakalan remaja. Tujuan dari program pengabdian masyarakat adalah untuk melatih dan memotivasi remaja untuk berkomunikasi secara asertif sebagai bentuk penghargaan dan tanggung jawab terhadap diri dan orang lain. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan role play tentang makna asertif sebagai wujud PSR dalam bentuk tatap muka. PSR membantu remaja untuk dapat memahami peran dan tanggung jawabnya terhadap diri dan lingkungan sosialnya. Melalui penanaman sikap asertif, PSR akan lebih mudah diwujudkan. Peserta kegiatan ini adalah siswa/i SMKN 49 Jakarta. Hasil dari program pengabdian pada masyarakat ini adalah terciptanya pengetahuan peserta dalam berkomunikasi asertif sebagai bentuk PSR. Kegiatan ini diharapakan dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian remaja terhadap dunia pergaulannya. Manfaat lainnya untuk mendukung program pemerintah dalam menekan angka anak yang berhadapan dengan hukum serta menciptakan generasi yang bertanggung jawab, berkarakter kuat dan mandiri.
References
Ardaningrum, D. Z., & Savira, S. I. (2022). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Mahasiswa Selama Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Yang, 9(7), 107–120.
Aryanto, Wiki ; Arumsari, Cucu ; Sulistiana, D. (2021). HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA. Quanta, 5(3), 95–105. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/q.v5i3p95-105.2815
Butar Butar, M. (2017). Hubungan Perilaku Asertif Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa Smp Negeri 6 Kota Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 525–532. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8145
Choirunissa, R., & Ediati, A. (2020). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Remaja-Orangtua Dengan Regulasi Emosi Pada Siswa Smk. Jurnal EMPATI, 7(3), 1068–1075. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21856
Ganiem et al. (2015). PSR (Personal Social Responsibility) ;Aku, Kamu, Kita Bisa (D. Feirus (ed.); 1st ed.). Kencana Prenadamedia Group.
Ganiem, L. M. (2021). Tanggung Jawab Sosial Pemuda Indonesia. Kaltara.Prokal.Co. https://kaltara.prokal.co/read/news/38540-tanggung-jawab-sosial-pemuda-indonesia.html
Hadianti, S. W., & Krisnani, H. (2017). Penerapan Metode Orientasi Masa Depan (Omd) Pada Remaja Yang Mengalami Kebingungan Identitas (Menentukan Tujuan Hidup). Share : Social Work Journal, 7(1), 81. https://doi.org/10.24198/share.v7i1.13821
Hani, R., & Ganiem, L. M. (2022). … PERSONAL SOCIAL RESPONSIBILITY MELALUI PEMANFAATAN PERAN PEER GROUP SEBAGAI UPAYA MENCEGAH PERKAWINAN USIA REMAJA DI SMKN …. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada …, 2(2), 4039–4052. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/2662%0Ahttps://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/download/2662/1874
Indrawati, E., & Rahimi, S. (2019). Fungsi Keluarga dan Self Control Terhadap Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). IKRAITH-HUMANIORA, 3(2), 90. http://wartamerdeka.net/tahun-2016-
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Edukasi Nonformal, 1(2), 147–158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434
KPAI. (2020). Infografis KPAI Per 30 Agustus 2020. https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/update-data-infografis-kpai-per-31-08-2020
Kustiawan, W., Khaira, A., & Nisa, A., Nurhalija, M. & Ramadhan, R. (2022). Komunikasi Asertif dan Empatik dalam Psikologi Komunikasi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 2483–2496.
Muharram, H. Z., & Prathama, A. G. (2022). Identifikasi Faktor Risiko Kenakalan Remaja di Wilayah Kampung Kota Jakarta. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 6(1), 92. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v6i1.2738
Munir, L. Z. (2019). Hubungan Perilaku Asertif dengan Kenalan Remaja dan Masalahanya di SMAN 2 Masbagik. Fondatia, 3(2), 103–113. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.361
Nabilah, R., & Rosalina, E. (2021). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Di Sma Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Psikologi Jambi, 4(2), 33–42. https://doi.org/10.22437/jpj.v5i02.10335
Redaksi Media Budaya Indonesia. (2022). Warga Kalibaru Cilincing Adakan Diskusi Terkait Kenakalan Remaja di Wilayah Kelurahan Kalibaru Cilincing Jakarta Utara. https://mediabudayaindonesia.com/news/show/2105202251-warga-kalibaru-cilincing-adakan-diskusi-terkait-kenakalan-remaja-di-wilayah-kelurahan-kalibaru-cilincing-jakarta-utara
RULMUZU, F. (2021). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 364–373. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1727
Siahaan, F. M., & Hartono, A. (2022). Personal Social Responsibility (Psr) Model Miha Dan Kaitannya Dengan Teori Interaksi Simbolik (Studi Kasus Rumah Belajar Pelangi Nusantara Rawamangun). Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(9), 1029–1038. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/1443