Pelatihan Uji Kuesioner Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Hukum Dan Bisnis Universitas Duta Bangsa Surakarta

Authors

  • Saryadi Saryadi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Erma Nurhayati Firdaus Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nisaa ‘Awalia Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Septiyanitha Dwi Maharani Putri Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i4.1319

Keywords:

Pelatihan, uji kuesioner, kuantitatif, metode statistika, IBM SPSS

Abstract

Program SPSS telah banyak digunakan dalam analisis data dalam suatu penelitian. Mitra kegiatan merupakan mahasiswa prodi Manajemen FHB–UDB Surakarta. Walaupun mahasiswa, bisa belajar teknik dalam penelitian, namun secara realita, banyak yang memahaminya. Materi pelatihan diberikan online. Oleh sebab itu perlu adanya pelatihan sebagai upaya memberi penguatan untuk pembelajaran. Kegiatan ini dengan sasaran para mahasiswa kelas 20A1 dan 20A2 dalam topik kegiatan pelatihan uji kualitas data dengan memanfaatkan IBM SPSS. Melalui kegiatan pelatihan ini lebih ditekankan untuk pemahaman dalam memperoleh nilai validitas dan reliabilitas, sehingga mitra  lebih memahami untuk melakukan pengujian data dengan program IBM SPSS.  Pemahaman ini diakui mitra pasca membandingkan pre test dengan  post test melalui tanya jawab. Pelatihan ini dilakukan pasca dilakukannya penyuluhan dalam rangka memeperoleh nilai validitas dan reliabilitas dan mitra  ikut aktif dalam kegiatan. Kegiatan pengabdian ini menjadi penguatan materi yang pernah dipelajari mitra.

 

                       

References

Ernawati, Iin, and Wardah Rahmatul Islamiyah, ‘P-ISSN: 2502-647X; e-ISSN: 2503-1902’, Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Kepatuhan MGLS (Morisky, Green, Levine Adherence Scale) Versi Bahasa Indonesia Terhadap Pasien Epilepsi, 4.2 (2019), 305–13

Fahruna, Yulyanti, and Muhammad Fahmi, ‘Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Pengukuran Perpustakaan Ideal Berbasis Pemakai Dengan Pendekatan LIBQUAL’, Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6.2 (2017), 161 <https://doi.org/10.26418/jebik.v6i2.22989>

Al Hakim, Riko, Ika Mustika, and Wiwin Yuliani, ‘Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi’, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4.4 (2021), 263 <https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249>

Handayani, Fitri, Heris Hendriana, and Wiwin Yuliani, ‘Validitas Dan Reliabilitas Angket Keterampilan Sosial Anak Usia Dini’, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4.4 (2021), 250 <https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7248>

Hartanto, Hartanto, ‘Validitas Dan Reliabilitas Warwick-Edinburg Mental Well Being Scale’, Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6.2 (2017), 1 <https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1013>

Pramuaji, K, and A Loekmono, ‘Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian : Questionnaire Empathy’, Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9.2 (2018), 74–78 <https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X>

Wulandari, Wulandari, Syahrul Azmi, Nani Kurniati, and Nurul Hikmah, ‘Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1.3 (2021), 455–66 <https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86>

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Saryadi Saryadi, Erma Nurhayati Firdaus, Nisaa ‘Awalia, & Septiyanitha Dwi Maharani Putri. (2021). Pelatihan Uji Kuesioner Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Hukum Dan Bisnis Universitas Duta Bangsa Surakarta . KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1(4), 28–41. https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i4.1319