Pelatihan Uji Kuesioner Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Hukum Dan Bisnis Universitas Duta Bangsa Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i4.1319Keywords:
Pelatihan, uji kuesioner, kuantitatif, metode statistika, IBM SPSSAbstract
Program SPSS telah banyak digunakan dalam analisis data dalam suatu penelitian. Mitra kegiatan merupakan mahasiswa prodi Manajemen FHB–UDB Surakarta. Walaupun mahasiswa, bisa belajar teknik dalam penelitian, namun secara realita, banyak yang memahaminya. Materi pelatihan diberikan online. Oleh sebab itu perlu adanya pelatihan sebagai upaya memberi penguatan untuk pembelajaran. Kegiatan ini dengan sasaran para mahasiswa kelas 20A1 dan 20A2 dalam topik kegiatan pelatihan uji kualitas data dengan memanfaatkan IBM SPSS. Melalui kegiatan pelatihan ini lebih ditekankan untuk pemahaman dalam memperoleh nilai validitas dan reliabilitas, sehingga mitra lebih memahami untuk melakukan pengujian data dengan program IBM SPSS. Pemahaman ini diakui mitra pasca membandingkan pre test dengan post test melalui tanya jawab. Pelatihan ini dilakukan pasca dilakukannya penyuluhan dalam rangka memeperoleh nilai validitas dan reliabilitas dan mitra ikut aktif dalam kegiatan. Kegiatan pengabdian ini menjadi penguatan materi yang pernah dipelajari mitra.
References
Ernawati, Iin, and Wardah Rahmatul Islamiyah, ‘P-ISSN: 2502-647X; e-ISSN: 2503-1902’, Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Kepatuhan MGLS (Morisky, Green, Levine Adherence Scale) Versi Bahasa Indonesia Terhadap Pasien Epilepsi, 4.2 (2019), 305–13
Fahruna, Yulyanti, and Muhammad Fahmi, ‘Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Pengukuran Perpustakaan Ideal Berbasis Pemakai Dengan Pendekatan LIBQUAL’, Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6.2 (2017), 161 <https://doi.org/10.26418/jebik.v6i2.22989>
Al Hakim, Riko, Ika Mustika, and Wiwin Yuliani, ‘Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi’, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4.4 (2021), 263 <https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249>
Handayani, Fitri, Heris Hendriana, and Wiwin Yuliani, ‘Validitas Dan Reliabilitas Angket Keterampilan Sosial Anak Usia Dini’, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4.4 (2021), 250 <https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7248>
Hartanto, Hartanto, ‘Validitas Dan Reliabilitas Warwick-Edinburg Mental Well Being Scale’, Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6.2 (2017), 1 <https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1013>
Pramuaji, K, and A Loekmono, ‘Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian : Questionnaire Empathy’, Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9.2 (2018), 74–78 <https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X>
Wulandari, Wulandari, Syahrul Azmi, Nani Kurniati, and Nurul Hikmah, ‘Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1.3 (2021), 455–66 <https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86>