Workshop Dan Pelatihan Pembuatan Katalog Produk Pada Pelaku UMKM (Studi Kasus: Asosiasi UMKM Sidayu)

Authors

  • Hidayat Hidayat Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik
  • Nina Aini Mahbubah Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik
  • Muhammad Taufiqurrahman Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik
  • Hajar Farodisah Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i3.2084

Keywords:

Katalog Produk, Desain, UMKM

Abstract

Pembekalan ilmu pengetahuan dan ketrampilan saat ini dirasa sangat penting bagi para pelaku UMKM. Pengetahuan tidak hanya dilakukan pada bidang yang ditekuni, akan tetapi pembekalan bidang lain juga perlu diberikan, misalnya pada peningkatan kualitas proses produksi dan bentuk kemasan. Pengabdian internal masyarakat yang disusun dalam proposal ini mengambil tema Workshop Dan Pelatihan Pembuatan Katalog Produk Pada Pelaku UMKM (Studi Kasus: Asosiasi UMKM Sidayu). Fokus produk pengabdian akan difokuskan pada semua produk makanan ataupun minuman binaan dari Asosiasi UMKM Sidayu. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih baik secara pengetahuan, maupun kemajuan ekonomi secara nyata pada penjualan produk. Beberapa pelaku UMKM berhasil membuat katalog produknya, tetapi ada juga yang tidak berhasil dikarenakan terkendala peralatan berupa handphone. Kegiatan ini mengasilkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap para peserta dengan nilai indeks penialaian kepuasan dari 35 peserta, 7 orang menjawap dengan nilai Puas, 28 orang menjawab dengan nilai sangat Puas.

References

Suhendar, Yaya. 2007. Pedoman Katalogisasi : Cara Mudah Membuat Katalog Perpustakaan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Gangeshwer, D. K., (2013)., “E-Commerce or Internet Marketing: ABusiness Review from Indian Context”, International Journal of u-and e-Service, Science and Technology Vol.6, No.6 pp.187-194.

Handayani, Sri, dkk. (2016). Sistem Informasi E-Commerce Untuk Jaringan Penjualan Sepeda Motor Bekas Kabupaten Kampar (Studi Kasus Adira Finance). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi. Vol. 2. No 2. Agustus 2016.

Irnawati, Dewi, (2011)., “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Edisi Ke-VI, November 2011.

M, Niranjanamurthy dkk, (2013)., “Analysis of E-Commerce and M-Commerce: Advantages, Limitations and Security issues”, International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering Vol. 2, Issue 6, June 2013.

Maryama, Siti. (2013). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity. Vol. 2. No. 1. Januari-Juni 2013.

Shabur, Miftah Maulana, dkk. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Sudi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 29 No. 1 Desember 2015.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Hidayat Hidayat, Nina Aini Mahbubah, Muhammad Taufiqurrahman, & Hajar Farodisah. (2023). Workshop Dan Pelatihan Pembuatan Katalog Produk Pada Pelaku UMKM (Studi Kasus: Asosiasi UMKM Sidayu). KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(3), 204–209. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i3.2084