Pelatihan Bahasa Inggris bagi Kelompok Karang Taruna di Kampung Adat Baca Taman Rimba (Batara) Kalipuro – Banyuwangi

Authors

  • Roudlotun Nurul Laili Stikes Banyuwangi
  • Muhammad Nashir Stikes Banyuwangi
  • Wahyu Adri Wirawati Stikes Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.444

Keywords:

Pelatihan, Bahasa Inggris, Karang Taruna.

Abstract

Kampung Batara (Baca Taman Rimba) sebagai wadah belajar dan bermain bagi anak – anak yang putus sekolah dengan konsep alam berkeinginan agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas hingga ke manca negara. Kampung Batara ingin mengenalkan potensi desa, permainan tradisional, adat, kesenian tradisonal, makanan khas, dan kerajinan unik agar bisa menaikkan income masyarakat sekitar. Tetapi bahasa menjadi kendala utama karena untuk mengenalkan desa ke kancah Internasional tentunya harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lancar dan baik. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan bahasa Inggris bagi kelompok Karang Taruna agar memiliki bekal dan kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni untuk mempromosikan kampung mereka. Metode yang digunakan yaitu role play, drilling, game yang menarik dan bervariasi, penggunaan gambar dan flashcard, pemutaran video, demonstrasi, serta field trip. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa Inggris para peserta yang dibuktikan dengan peningkatan rata – rata nilai pretest dari 47.78 menjadi 71.11 pada nilai posttest. Para peserta menyatakan, mereka sangat antusias dan lebih termotivasi mempelajari bahasa Inggris.

References

Amiruddin, A., & Satriani, S. (2021). Improving English Skills of Youth Organizations in Pammana Village through Audio-Visual Media. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(4), 70–75. https://doi.org/10.53769/jai.v1i4.148

Chen, Y.-W., Liu, G.-Z., Lin, V., & Wang, H. Y. (2019). Needs Analysis for an ESP Case Study Developed for the Context-Aware Ubiquitous Learning Environment. Digital Scholarship in the Humanities, 34(1), 124–145. https://doi.org/https://doi-org.eres.qnl.qa/10.1093/llc/fqy019

Guyadeen, D., & Seasons, M. (2016). Evaluation Theory and Practice: Comparing Program Evaluation and Evaluation in Planning. Journal of Planning Education and Research, 38(1), 98–110. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0739456X16675930

Hadi, M. Z. P., & Syahid, A. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Pemuda Karang Taruna Desa Bilebante dengan Penerapan Metode Audio Visual. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(1), 297–304. https://doi.org/10.54082/jamsi.229

Rahmawati, I., & Allen, B. (2015). Pelatihan Bahasa Asing bagi Pemandu Wisata di Gua Lowo Kabupaten Trenggalek. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 34–37.

Warni, S., & Apoko, T. W. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Masyarakat Kawasan Wisata Berbasis Alam dan Budaya Betawi di PBB Setu Babakan Jakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 3(1), 22–29. https://doi.org/:https://doi.org/10.33394/jpu.v3i1.4940

Wijewardene, L. (2021). The Importance of English as a Global Language. International Journal of Research in Business , Economics and Management, 5(6), 86–91.

Wolah, F. F. C. (2016). Peranan Promosi dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Poso. Acta Diurna, V(2).

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Laili, R. . N., Nashir, M., & Wirawati, W. A. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Kelompok Karang Taruna di Kampung Adat Baca Taman Rimba (Batara) Kalipuro – Banyuwangi. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 60–71. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.444