AKTIVASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MASYARAKAT PERBATASAN KALIMANTAN UTARA

Authors

  • Ady Saputra Universitas Borneo Tarakan, Kota Tarakan
  • Dedi Kusnadi Universitas Borneo Tarakan, Kota Tarakan
  • A.Wilda Indra Nanna Universitas Borneo Tarakan, Kota Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.475

Keywords:

Literasi, Guru, Daerah Perbatasan.

Abstract

Literasi menjadi hal yang penting bagi guru dan siswa dalam bertahan pada era globalisasi, tujuannya adalah agar dapat berinteraksi dan meningkatkan kecakapannya. Pengabdian ini bertujuan membentuk kemampuan literat bagi guru dan siswa dengan mengaktifkan gerakan literasi sekolah melalui pendekatan humanistik serta dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui kurikulum 2013. Target dan luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan pemahaman dan pengalaman guru dalam menciptakan pembelajaran yang berbasis literasi dan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan media pembelajaran berbasis literasi dalam bentuk media pembelajaran Big Book. Pelaksanaan kegiatan ini melalui tahapan 1) pemberian informasi tentang pendekatan literasi dalam bentuk workshop, 2) pendampingan penyusunan RPP bagi guru, mengembangkan media Big Book berbasis basic literacy dan literasi matematika model PISA dan membangun kelas literat, serta 3) Lomba membaca puisi dan membaca dongeng bagi siswa. Kegiatan ini telah berhasil dilakukan di daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hikmah, L.N. dkk. 2017. Peningkatan Literasi Masyarakat Melalui Pengadaan Dan Pengelolaan Majalah Dinding Di Taman Bacaan Masyarakat Wacan. Prosiding. Malang : UNMER-Fakultas Teknologi Informasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kusnadi, dkk. 2019. In House Training Peningkatan Kompetensi Guru Training Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Basic Literacy dan Literasi Matematika Model PISA. Artikel. Tidak dipublikasikan.

Nasution, E. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1).

Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 14-18.

Rubaiyah, 2018. Ciptakan Lingkunagn Literat di Kelas Awal. https://jatengpos.co.id/ciptakan-lingkungan-literat-di-kelas-awal/

Saputra, Ady, 2019. Penerapan Metode Karyawisata dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Borneo Tarakan. Judikdas Borneo Vol.01 Agustus.

Sutama, 2016. Darurat Pembelajaran Matematika: Guru Matematika Professional untuk Menyiapkan Generasi Emas. Makalah disajikan pada seminar nasional pendidikan matematika pada tanggal 15 Mei 2016

Suyono, 2009. Pembelajaran Efektif dan Produktifberbasis Literasi:Analisis Konteks, Prinsip, Dan Wujud Alternatif Strategi implementasinya Di Sekolah. BAHASA DAN SENI, Tahun 37, Nomor 2, Agustus 2009

Susilo, Jimat. …… Peran Guru Pembelajar sebagai Pegiat Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan dan Solusi. EduSains Vol. 4. No.1.

Downloads

Published

2022-09-06

How to Cite

Ady Saputra, Dedi Kusnadi, & A.Wilda Indra Nanna. (2022). AKTIVASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MASYARAKAT PERBATASAN KALIMANTAN UTARA. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 81–89. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.475