Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan Guru dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah Khususnya PTK Melalui Kegiatan Webinar Nasional.

Authors

  • Has’ad Rahman Attamimi STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Ernawati Sekolah Pascasarjana UHAMKA, Jakarta
  • Hari Setiadi Sekolah Pascasarjana UHAMKA, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.487

Keywords:

Penulisan Karya Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas,Kompetensi, Guru

Abstract

Kompetensi membuat karya tulis ilmiah bagi para guru merupakan kompetensi pedagogis yang sangat penting yang harus dikuasai seabagai salah satu kompetensi professional guru. Namun, pada kenyataanya kompetensi ini masih kurang dipahami dan dikuasai oleh para pendidik khususnya para guru. Oleh sebab itu LPPM STIKES Griya Husada Sumbawa bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sumbawa dan Program Studi Penelitian dan Evaluasi Sekolah Pascasarjanan UHAMKA Jakarta melaksanakan kegiatan Pengabdian Masayarakat, yang berjudul “Webinar Nasional: Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan PTK Untuk Guru.” Kegiatan Pengabdian ini bertuajuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi guru dalam menyusun Karya Tulis Ilmiah dan PTK. Sasaran kegiatan ini adalah pada guru diseluruh Indonesia secara umum dan guru di Kab. Sumbawa secara khusus. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian ini dirancang dalam 2 sesi penyampaian materi dan diskusi. Setelah seluruh sesi pemberian materi dan diskusi dilakukan postes dan observasi. Hasil posttest dan observasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan guru tentang Penulisan Karya Tulis Ilmiah khususnya PTK, di akhir sesi juga para peserta (guru) mampu menyusun proposal PTK. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan pengabdian berupa Webinar tentang Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan PTK ini efektif meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru menyusun karya tulis ilmiah khususnya PTK.

References

Astawan, I Gede .2019. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Gugus VII

Destriana, et all. 2020. The Implementation of Underpass Learning Techniques Volleyball for Junior High School. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.098, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol. 422

Fitria, Happy, dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/ABD/article/viewFile/2690/2651, Abdimas Unwahas, Vol. 4, No. 1.

Giyarsih, G. 2021. Peningkatan Kompetensi Guru Untuk Mengembangkan Profesi Melalui Pembimbingan Penulisan Ptk Bagi Guru Smk. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i3.351, Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, No 1 Vol. 3.

Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL, International Journal of Community Service Learning. Vol.3, No. 3

Syahmani, dkk. 2020. Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran di SMA Banjarmasin Kalimantan Selatan, http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/5615/2814, Jurnal Terapan Abdimas, Vol.5, No.2.

Suyono, dkk. 2016. Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Malang: Gunung Samudera.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Waluyo, dkk. 2020. Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Di Belitangkabupatenoku Timur. Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/index, Vol. 9, No.1.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Has’ad Rahman Attamimi, Ernawati, & Hari Setiadi. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan Guru dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah Khususnya PTK Melalui Kegiatan Webinar Nasional. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 90–95. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.487