PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM LOKAL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI DI KELURAHAN KAUMAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR

Authors

  • Mukhlison Progam Studi Elektro, Universitas Islam Balitar, Kota Blitar
  • Hendri Budi Santoso Progam Studi Manajemen, Universitas Islam Balitar, Kota Blitar
  • Anisa Septiana Astikawati Progam Studi Administrasi Bisnis, Universitas Islam Balitar, Kota Blitar
  • Intan Permata Sari Progam Studi Manajemen, Universitas Islam Balitar, Kota Blitar
  • Ina Virdiana Wulandari Progam Studi Akuntansi, Universitas Islam Balitar, Kota Blitar

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.515

Keywords:

Digital Marketing, Pemasaran, UMKM

Abstract

Digital Marketing adalah konsep strategi pemasaran barang/jasa yang menggunakan sistem digital yang memiliki tujuan untuk memperluas pangsa pasar dan menjaring konsumen baru yang berpotensial guna untuk meningkatkan omset penjualan para pelaku UMKM. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan sosialisasi kepada para pelaku UMKM lokal agar bisa memanfaatkan Digital Marketing guna untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM lokal, khususnya pada industri olahan makanan dan minuman dan mengoptimalkan penggunaan digital marketing  oleh pelaku UMKM dengan harapan untuk meningkatkan pemulihan ekonomi di Kelurahan Kauman Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa konsep digital marketing perlu diterapkan oleh pelaku usaha agar mampu meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas. Strategi yang dilakukan untuk membantu pelaku UMKM dalam memanfaatkan digital marketing, yakni dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan dalam penerapan konsep digital marketing dan bekerja sama dengan pemerintah desa untuk mengadakan kegiatan penyuluhan atau pemberdayaan pelaku UMKM dengan berbasis pemasaran digital.

References

Febriayanto, M. T., & Debby, A. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.

Halimah., Arman, S. K. (2021). Pemulihan Perekonomian UMKM Kue Fiorfiore Melalui Pemanfaatan Digital Marketing Di Kelurahan Kedamaian Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1109-1114

Marpaung, A. P., Muhammad, S. H., Murvina, K., & Wulan, D. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada UMKM Melalui Digital Marketing. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan. 2(1), 294-300

Nuryana, Arief., Pawito., & Prahastiwi, U. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains, 2(1), 19-24.

Suci, Y. R. (2020). Perkembangan UMKM. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Balikpapan, 1(3), 102-110.

Simarta, Janner, dkk. (2020). Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi Manajemen. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Susanto, B., Akrim, H., & Fardan, N. C. (2020). Penggunaan Digital Marketing Untuk Memperluas Pasar Dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42-47.

Sari, Dita., Ida, A. P. A. S., & Danang, K. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Marketplace Pada Generasi Muda Pelaku UMKM Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37-44.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKM di Indonesia. Forum Keungan Dan Bisnis, 4(1), 327-337.

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata Budaya, 3(2), 81-92.

Yumma., Olga, R. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Pada UMKM Yang Terdampak Pandemi Covid 19 Di Kampung Purun Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Eprints Uniska, 1(4), 201-210.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Mukhlison, Hendri Budi Santoso, Anisa Septiana Astikawati, Intan Permata Sari, & Ina Virdiana Wulandari. (2022). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM LOKAL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI DI KELURAHAN KAUMAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 107–122. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.515