Pelatihan Uji Kualitas Data dalam Penelitian Kuantitatif Metode Statistika Menggunakan Program IBM SPSS Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Duta Bangsa Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i3.599Keywords:
Pelatihan, uji kualitas data, penelitian kuantitatif, metode statistika, IBM SPSSAbstract
Statistika merupakan suatu ilmu yang dapat dipakai untuk berbagai keperluan, seperti estimasi dalam suatu penelitian. Mitra adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Duta Bangsa Surakarta. Meskipun mahasiswa, dapat mempelajari teknik dan cara-cara dalam penelitian, namun dalam kenyataan masih banyak yang belum paham. Materi-materi pelatihan diberikan secara daring, dikemas sebagai sarana untuk kemudahan penyelesaian dalam penelitian kuantitatif setelah dilakukan koordinasi guna mengetahui tingkat kesulitan yang dihadapi. Oleh karena itu diperlukan suatu pelatihan sebagai bentuk penguatan materi pembelajaran dengan metode statistika menggunakan IBM SPSS. Pelaksanaan kegiatan dengan sasaran mahasiswa kelas 20A1 dan 20A2 dengan pokok kegiatan pelatihan uji kualitas data dalam penelitian kuantitatif metode statistika menggunakan program IBM SPSS pada mahasiswa semester 2 Prodi Manajemen Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Melalui pelatihan dengan penekanan dalam pemahaman cara mendapatkan nilai validitas dan reliabilitas, mahasiswa merasakan lebih paham dalam menguji data menggunakan IBM SPSS bagi yang memiliki program SPSS yang sebelumnya sudah diinstal saat kuliah sebelum kegiatan ini. Pengakuan pemahaman ini setelah membandingkan antara pre test dan post test yang dilakukan melalui tanya jawab. Pelatihan dilakukan setelah dilakukan penyuluhan dalam mencari validitas dan reliabilitas dan peserta ikut aktif. Kegiatan ini merupakan penguatan materi yang sebelumnya pernah dipelajari oleh mahasiswa peserta kegiatan PkM.
References
Ernawati, Iin, and Wardah Rahmatul Islamiyah, ‘P-ISSN: 2502-647X; e-ISSN: 2503-1902’, Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Kepatuhan MGLS (Morisky, Green, Levine Adherence Scale) Versi Bahasa Indonesia Terhadap Pasien Epilepsi, 4.2 (2019), 305–13
Fahruna, Yulyanti, and Muhammad Fahmi, ‘Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Pengukuran Perpustakaan Ideal Berbasis Pemakai Dengan Pendekatan LIBQUAL’, Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6.2 (2017), 161 <https://doi.org/10.26418/jebik.v6i2.22989>
Al Hakim, Riko, Ika Mustika, and Wiwin Yuliani, ‘Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi’, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4.4 (2021), 263 <https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249>
Handayani, Fitri, Heris Hendriana, and Wiwin Yuliani, ‘Validitas Dan Reliabilitas Angket Keterampilan Sosial Anak Usia Dini’, FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4.4 (2021), 250 <https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7248>
Hartanto, Hartanto, ‘Validitas Dan Reliabilitas Warwick-Edinburg Mental Well Being Scale’, Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6.2 (2017), 1 <https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1013>
Pramuaji, K, and A Loekmono, ‘Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian : Questionnaire Empathy’, Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9.2 (2018), 74–78 <https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X>
Wulandari, Wulandari, Syahrul Azmi, Nani Kurniati, and Nurul Hikmah, ‘Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1.3 (2021), 455–66 <https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86>