KELAS TAHSIN ONLINE AL-QURAN

AL-QURAN ONLINE TAHSIN CLASS

Authors

  • Abdul Haris Muchtar STIMIK ESQ Jakarta
  • Ahmad Maulidizen STIMIK ESQ Jakarta
  • Azmil Mustaqor STIMIK ESQ Jakarta
  • Nadhira Rizky Chairunnisa STIMIK ESQ Jakarta
  • Tamara Alfira Nisa STIMIK ESQ Jakarta
  • Heristina Fitri Rukmana STIMIK ESQ Jakarta
  • Muhammad Rafi Thoriq STIMIK ESQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i4.649

Keywords:

Pengajaran Al-Quran, Teknologi Digital, Konten Edukasi

Abstract

Banyaknya pengajar Al-Quran yang tidak mampu memanfaatkan teknologi digital sebagai fasilitas mengajar Al-Quran. Sedangkan, kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital pada zaman ini penting dan memiliki manfaat yang luas. Sebuah pengajaran kepada para pembelajar Al-Quran tentang pentingnya penggunaan teknologi di zaman sekarang merupakan langkah awal untuk mempertemukan masyarakat muslim Indonesia yang membutuhkan pengajaran ilmu Al-Quran dengan mereka yang memiliki keahlian di Al-Quran. Adanya Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pemanfaatan teknologi, penyebaran iklan atau informasi melalui media sosial dan lainnya sebagai media penyebaran konten edukasi, menjembatani masyarakat mitra untuk menyebarkan ilmu yang mereka miliki melalui kelas secara online, serta peluang baru bagi masyarakat mitra untuk meningkatkan ekonomi mereka. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini terdapat 4 (empat) tahap yaitu tahap perencanaan, persiapan pengajaran, dan evaluasi. Hasil yang dicapai selama melakukan program ini adalah pertama, anak-anak sudah memahami dan mampu membuat konten sendiri dari apa yang telah kami berikan. Kedua, anak-anak berhasil mengadakan kelas tahsin online sesuai dengan tujuan dari program ini dengan cara mampu mengelola media sosial sendiri, dan mengajarkan materi tahsin sendiri sesuai dengan tanggung jawab yang telah dibagikan.

 

 

References

Atabik, A. (2014). The Living Quran: Potret Budaya Tahfiz Al-Quran di Nusantara. Jurnal Penelitian, 8(1), 161–178.

Maulidizen, A., & Raihanah, A. (2019). The Technique of Determining Ijtihad and Its Application in Life: Analysis of Istihsan, Maslahah Mursalah, ’Urf and Syar’u Man Qablana. Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah Dan Hukum, 4(1), 45–62.

Rusmana, D. (2015). Metode Penelitian al-Quran & Tafsir. Pustaka Setia.

Winanto, S., Maulidizen, A., Thoriq, M. R., & Safaah, A. (2022). Peranan Spiritual Quotient Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 326–345. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6994879

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Abdul Haris Muchtar, Ahmad Maulidizen, Azmil Mustaqor, Nadhira Rizky Chairunnisa, Tamara Alfira Nisa, Heristina Fitri Rukmana, & Muhammad Rafi Thoriq. (2021). KELAS TAHSIN ONLINE AL-QURAN: AL-QURAN ONLINE TAHSIN CLASS. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1(4), 06–13. https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i4.649