Pengembangan UMKM Kelor Sebagai Produk Unggulan di Desa Wisata Belanja

Authors

  • Riza Nur Lailiyah Azizah UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Ririt Iriani Sri Setiawati UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Putra Perdana UPN “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.754

Keywords:

Kampung Kelor, UMKM , KKN.

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Tematik merupakan program pengabdian kepada masyarakat UPN “Veteran” Jawa Timur yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2019. KKNT ini dilaksanakan mulai tanggal 23 Maret sampai 30 Juni yang dilaksanakan di Kelurahan Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya. Kelurahan banjar sugihan memilik potensi wisata yang perlu dikembangkan, dengan memajukan UMKM. UMKM merupakan singkatan dari Usaha mikro, kecil dan menengah. Umkm  merupakan jenis usaha yang dilakukan oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Di Kelurahan Banjarsugihan sebagian besar warganya menjalankan umkm. Kelurahan banjar sugihan juga dikenal sebagai kampung kelor. Terdapat usaha produk dari tanaman kelor yang dijalankan oleh masyarakat kelurahan banjar sugihan. Tanaman kelor merupakan tanaman yang sangat tinggi manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika diolah menjadi produk yang menarik tentu tidak hanya kaya manfaat bagi kesehatan, namun juga dapat meningkatkan nilai jual. Usaha produk olahan kelor yang dijalankan oleh masyarakat kelurahan banjar sugihan masih menggunakan cara pemasaran tradisional, belum menggunakan strategi pemasaran digital yang tepat. Tentu hal ini menjadi sebuah hambatan dalam perkembangan umkm setempat. Dalam meningkatkan sebuah usaha perlu adanya sebuah upaya yang harus dilakukan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program adalah metode observasi, pendekatan partisipatif, dan keterlibatan masyarakat untuk pengumpulan data. Melalui program KKN diharapkan pengembangan UMKM dikelurahan banjar sugihan dapat terwujud dan masyarakat bisa memahami bagaimana cara memasarkan produk olahan kelor dengan maksimal, Sehingga perekonomian masyarakat kelurahan banjar sugihan dapat meningkat.

References

Soleha, Rulianti, & Maria. (2022). Sosialisasi Pemberdayaan UMKM "UMKM Bangkit Bersinergi". Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01-07.

Urwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal PemberdayaanMasyarakatMadani(JPMM),1(1),1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Nicholson, L. (2020). Creative Digital Marketing Strategies for The Retail Sector That Really Work. Retrieved February 25, 2020, from https://www.hitsearchlimited.com/news/ creative-digital-marketing-strategies-for-theretail-sector-that-really-work

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Riza Nur Lailiyah Azizah, Ririt Iriani Sri Setiawati, & Putra Perdana. (2022). Pengembangan UMKM Kelor Sebagai Produk Unggulan di Desa Wisata Belanja. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(4), 90–95. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.754