PEMBINAAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI METODE BERMAIN BAGI GURU-GURU PAUD NAVA DHAMMASEKHA KARUNA, TELUKNAGA, TANGERANG

Authors

  • Eliza Ariesta STAB NALANDA
  • Tisya Permatasari STAB NALANDA
  • Gustiya Gandha Metrri STAB NALANDA

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.764

Keywords:

Kompetensi, aspek perkembangan, metode bermain.

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan Pendidikan Formal yang memberikan peran untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini untuk mempersiapkannya menuju ke pendidikan selanjutnya. Pada masa ini, dinamakan Fase Pondasi yang membantu anak usia dini mengoptimalkan enam aspek perkembangannya yaitu Agama dan Moral, Kognitif, Bahasa, Emosional, Motorik Kasar dan Motorik Halus. Oleh karena itu pendidikan usia dini dianggap penting sebagai pondasi untuk mempersiapkan anak-anak ke tahap selanjutnya, sehingga para guru PAUD perlu untuk memiliki berbagai kompetensi yang mendukung pencapaian-pencapaian tersebut. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertitik tolak pada peningkatan kompetensi guru di daerah Teluknaga, Tangerang dengan tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi para guru dengan metode bermain. PAUD sehingga dapat membantu dalam menyiapkan fase pondasi pada anak usia dini. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemahaman dan kemampuan guru-guru PAUD  tentang metode pembelajaran yang efektif bagi siswa-siswi PAUD dapat ditingkatkan dengan dilakukan penyuluhan; pemahaman dan kemampuan guru dapat meningkatkan keberhasilan dalam mempelajari pokok-pokok bahasan.

References

Babich, Nada. 2014. “Play from the Perspective of Future Pedagogues’ Childhood and Adulthood.” Procedia

- Social and Behavioral Sciences 146:3–8.

Ciolan, Laura Elena. 2013. “Play to Learn, Learn to Play. Creating Better Opportunities for Learning in Early

Childhood.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 76:186–89.

Direktorat GTK PAUD dan Dikmas. 2021.“Penulisan Praktik Baik Merdeka Bermain.”

Hassinger-Das, Brenna, Kathy Hirsh-Pasek, and Roberta Michnick Golinkoff. 2017. “The Case of Brain

Roesli, Rofita.2016 .Pendidikan Anak Usia Dini di Pedesaan,kunci untuk menghidupkan Potensi

Indonesia. World Bank Blog

Soetomo . 2011. Pemberdayaan Masyarakat . Pustaka Pelajar . Yogyakarta

Science and Guided Play: A Developing Story.” YC Young Children 72(2):45–50.

Pai, Aditi. 2016. “Free to Learn: Why Unleashing the Instinct to Play Will Make Our Children Happier, More Self-Reliant, and Better Students for Life.” Evolution: Education and Outreach 9(1):8–10.https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/dalam-konteks-paud-merdeka-belajar-adalah-merdeka-bermain

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Eliza Ariesta, Tisya Permatasari, & Gustiya Gandha Metrri. (2022). PEMBINAAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI METODE BERMAIN BAGI GURU-GURU PAUD NAVA DHAMMASEKHA KARUNA, TELUKNAGA, TANGERANG. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(4), 96–105. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.764