Aplikasi APPA Dinas PRKP Cipta Karya Jember Dapat Membantu Disiplin Penyerapan Anggaran Daerah

Authors

  • Antonius Bun Wijaya Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya
  • Anisha Dwi Nur Fadlilah Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya
  • Hanna Pratiwi Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya
  • Yehezkiel Victorius Ermanto Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya
  • Yulia Wahyuningsih Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.830

Keywords:

Government Public Housing Department, eGoverment; Budget Absorption.

Abstract

Jember merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Secara administratif, wilayah Kabupaten Jember terbagi menjadi 28 kecamatan dengan 226 desa dan 3 kecamatan dengan 22 kelurahan.Tentunya dengan banyaknya jumlah kecamatan dan kabupaten dalam hal penyerapan anggaran daerah memerlukan perhatian khusus agar semua anggaran daerah bisa terserap dengan baik. Serapan anggaran merupakan ukuran dari keberhasilan dari pemerintah daerah. Untuk mewujudkan serapan anggaran yang optimal dalam suatu daerah memerlukan sebuah solusi agar serapan anggaran daerah berjalan lancer, salah satu solusi yaitu dengan cara mengekstraksi kebutuhan akan kemudahan proses pengajuan anggaran berbasis teknologi sehingga memungkinkan memberi solusi terhadap beberapa kendala. Menanggapi berbagai permasalahan kompleks yang dialami oleh mitra, maka tim pengusul pengabdian merumuskan solusi yaitu dengan cara mengekstraksi kebutuhan akan kemudahan proses pengajuan anggaran yang berbasis teknologi yang disebut “APPA (Aplikasi Pemberitahuan Penyerapan Anggaran)”. Aplikasi yang dibuat ini nantinya akan terus dievaluasi dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dinas terkait. Tujuan pengabdian ini adalah membantu membuat aplikasi pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Cipta Karya (DPRKPCP) yang membutuhkan alat bantu untuk proses pengajuan anggaran. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar perbaikan dan pengembangan pada penggunaan teknologi informasi pada proses penyerapan anggaran yang berimbas pada meningkatnya kinerja SKPD.

References

Dinas Kominfo. “Wagub Emil Instruksikan TW II 2022 APBD Jatim Terserap 50%.” Jatim Newsroom, 2022. https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/wagub-emil-instruksikan-tw-ii-2022-apbd-jatim-terserap-50-.

Ruhmaini, Ruhmaini, Syukriy Abdullah, and Darwanis Darwanis. “Analisis Serapan Anggaran Belanja Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.” Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam 4, no. 1 (2019): 31–43.

Susanti, Erma, Erfanti Fatkhiyah, and Endang Efendi. “Pengembangan Ui/Ux Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking.” Simposium Nasional RAPI XVIIII (2019): 364–370.

“Parasetamol - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas,” n.d. https://id.wikipedia.org/wiki/Parasetamol.

“Serapan APBD Jember Tahun Anggaran 2021 Masih Rendah - ANTARA News Jawa Timur,” n.d

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Antonius Bun Wijaya, Anisha Dwi Nur Fadlilah, Hanna Pratiwi, Yehezkiel Victorius Ermanto, & Yulia Wahyuningsih. (2022). Aplikasi APPA Dinas PRKP Cipta Karya Jember Dapat Membantu Disiplin Penyerapan Anggaran Daerah. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(4), 156–168. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.830