The Pemanfaatan Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Cyintia Kumalasari Universitas Islam Riau
  • Marhamah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.900

Keywords:

curriculum, learning media, literacy, animation, kurikulum, media pembelajaran, literasi, animasi

Abstract

Implementasi kurikulum terbaru menuntut tenaga pendidik agar lebih menguasai teknologi informasi. Berbagai media pembelajaran berbasis teknologi pun bermunculan. Khususnya suatu media yang dapat menarik perhatian siswa, terutama anak usia dini. TK Islam YLPI dan TK Tahfidz YLPI menaruh perhatian besar terhadap pengenalan Bahasa Inggris kepada anak usia dini, Selain itu, TK Islam YLPI bekerjasama dengan TK Tahfidz YLPI memiliki konsep literasi digital yang bertujuan memperkenalkan indahnya budaya membaca ke peserta didik. Melalui adanya konsep literasi digital ini, tenaga pendidik membutuhkan media yang efektif untuk membuat bahan ajar. Dalam hal ini, peserta didik diajak untuk bermain sambil belajar membaca Bahasa Inggris melalui tontonan video animasi Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pembuatan animasi sederhana kepada guru-guru Pendidikan agar memiliki keahlian yang mumpuni dalam membuat bahan ajar berbasis animasi untuk meningkatkan budaya literasi membaca siswa. Media yang digunakan yaitu aplikasi berbasis web bernama Powtoon.

References

Anggita, Zulfah.”Penggunaan Powtoon sebagai Solusi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal KONFIKS, no.2 Vol. 7 (2020): 44-52.

Idayani, Andi, and Betty Sailun. “Pendampingan Strategi Mengerjakan TOEFL Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UIR” Jurnal KREATIF, no. 1 Vol.2 (Maret 2022): 01-08.

Jatiningtias, N.H (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimangan Sosial di SMPN 15 Semarang. Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 76

Nisa, Luthfiyatun.”Pemanfaatan Teknologi Dalm Pendidikan Anak Usia Dini”.Jurnal UIN Madura no.1 Vol.8(Januari-Juni 2020) : 01-13

Purwanto, Andik, Risdianto, Eko and Fitri Masito. “Pemanfaatan Aplikasi Powtoon Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru SMAN 4 Kepahiang” Jurnal DARMABAKTI no. 2 Vol.1 (Juni 2021): 114-120.

Rioseco, M., Paukner, F., & Ramírez, B. (2017). “Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs.” International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET),

(06), 120.

Salsabila, Unik Hanifah and Niar Agustian.”Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran” Jurnal ISLAMIKA no.1 Vol.3 (Januari 2021) :123 - 133

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Kumalasari, C., & Marhamah. (2022). The Pemanfaatan Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(4), 178–184. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.900