Analisa Pemodelan Proses Bisnis Penjualan Pada Usaha UMKM Dimsum

Authors

  • Didit Hadayanti Universitas Al Ghifari

DOI:

https://doi.org/10.55606/optimal.v2i2.1034

Keywords:

Analisa Proses Bisnis, Transaksi Penjualan, UMKM

Abstract

Bisnis yang sukses membutuhkan alur proses penjualan. Alur proses penjualan yang pasti akan meningkatkan komunikasi antara pelanggan dan penjual dan efisiensi transaksi. UMKM akan kesulitan untuk mengelola dan menghasilkan keuntungan tanpa adanya alur proses penjualan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pemodelan System Flow Diagram untuk menggambarkan proses bisnis transaksi penjualan pada UMKM bisnis dimsum. Mengoptimalkan proses penjualan menjadi hal yang krusial karena dapat menjadi alur proses awal dalam pembuatan sistem informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transaksi penjualan dan pemesanan barang dapat divisualisasikan. Rekomendasi dari urutan proses bisnis tersebut menghasilkan 7 proses yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merancang sistem informasi, dimulai dari proses login, proses pengelolaan data user, data barang, data persediaan barang, data transaksi penjualan, dan data pemesanan barang. Usulan ini menghasilkan alur proses bisnis yang dapat digunakan oleh UMKM untuk meningkatkan proses transaksi penjualan dengan adanya proses komputerisasi.

References

Aleryani, A. Y. (2016). Comparative study between data flow diagram and use case diagram. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(3), 124–126.

Alfin, A. (2021). Analisis strategi UMKM dalam menghadapi krisis di era pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543–1552.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama Penerbit. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hadayanti, D., Deliana, Y., & Natawidjaja, R. S. (2016). Faktor dominan dari preferensi konsumen dalam pemilihan jenis mangga (Mangifera Indica): suatu kasus di supermarket di kota Bandung. Agrikultura, 27(2).

I Gede Iwan Sudipa. (2018). Decision Support System Dengan Metode AHP, SAW dan ROC Untuk Penentuan Pemberian Beasiswa (Studi Kasus STMIK STIKOM INDONESIA). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 4(1), 18–30.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2019). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar.

Li, Q., & Chen, Y.-L. (2009). Data flow diagram. In Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems (pp. 85–97). Springer.

Marlina, L., Mundzir, A., & Pratama, H. (2020). Cashless Dan Cardless Sebagai Perilaku Transaksi Di Era Digital: Suatu Tinjauan Teoretis Dan Empiris. Jurnal Co Management, 3(2), 533–542.

MUHAMMAD, A. L. I., HIDAYAH, Y., & LESTARI, N. C. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Managemen Masjid Untuk Pengurus Masjid Se-Banjarmasin Utara. Inovate: Jurnal Ilmiah Inovasi Teknologi Informasi, 4(2), 10–19.

Niken Nanincova. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.

Nurhayati, A. N., Josi, A., & Hutagalung, N. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Dan Pembelian Barang Pada Koperasi Kartika Samara Grawira Prabumulih. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 7(2), 13–23. https://doi.org/10.34010/jati.v7i2.490

Prayitno, P., & Sutrisno, S. (2019). Knowledge Of Communication Adaptation As Stabilization Of Performance On Industrial District. IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics), 4(1), 595–600.

Ramadhan, F., & Purwandari, N. (2018). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada PT. Mustika Jati. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 43–57.

Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.

Saputro, P. D. (2020). Pemanfaatan E-Commerce Business To Consumer (B2C) Marketplace Untuk Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), 7(1), 1–10.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2015.

Suryaningrat, Y., Sutrisno, S., & Ratih, S. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Isi Ulang. Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 117–130.

Sutrisno, S. E. (2018). Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pengusaha Membuka Home Industri Paving Di Kecamatan Balen Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial, 1(1), 1–9.

SUTRISNO, S. E. (2019). ANALISIS PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF KAP LAMPU DAN PANCI DI KECAMATAN GAYAM KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial, 2(1), 53–72.

Wiguna, I. K. A. G., Dewi, D. P. D. K., & Sudipa, I. G. I. (2021). Implementasi OLAP pada Data Kerja Praktik dan Tugas Akhir Menggunakan Framework Modular Cube JS. INFORMAL: Informatics Journal, 6(3), 142–153. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/isj.v6i3.27614

Yulianto, E., & Mauluddin, A. (2019). Penerapan E-Commerce Berbasis Business to Customer (B2C) Pada Industri Garment. Informatic, Science, Entrepreneur, Applied Art, Research, Humanism, 18(1), 124–136.

Downloads

Published

2022-06-12

How to Cite

Hadayanti, D. (2022). Analisa Pemodelan Proses Bisnis Penjualan Pada Usaha UMKM Dimsum . OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 241–250. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i2.1034