Dampak Media Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Berkunjung Halal Tourism Kota Padang

Authors

  • Selvi Aulia Putri STIE “KBP” PADANG
  • Sophan Sophian STIE “KBP” PADANG

DOI:

https://doi.org/10.55606/optimal.v3i2.1415

Keywords:

social media, lifestyle and decision to visit

Abstract

This study aims to determine the impact of social media and lifestyle on the decision to visit halal tourism in the city of Padang, this research is a quantitative study, the sampling method uses accidental sampling with a total of 108 respondents. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that social media has a positive and significant impact on visiting decisions with a t-count value greater than t-table (4.429> 1.659), and lifestyle has a positive and significant impact on employee performance with a t-count value greater than t -table (4.249>1.659).

References

Adila, A., And Y. Yulhendri. 2022. “Analisis Strategi Kesiapan Dinas Pariwisata Kota Padang Dalam Menyelenggarakan Wisata Halal.” Jurnal Salingka Nagari 01(2):110–25.

Adona, Fitri, Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Padang, And Akuntansi Politeknik Negeri Padang. 2019. “Padang Halal Tourism: Studi Kasus Terhadap City Branding Pada Pusat Perdagangan Kota Padang.” Jurnal Ilmiah Poli Bisnis 11(2):143–53. Doi: 10.30630/Jipb.11.No.

Andre, Anastino. 2022. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Labelisasi Halal Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Dalam Perspektif Ekonomi Islam(Studi Pada Mahasiswi Febi Tahun 2016 Uin Raden Intan Lampung).”

Anon. N.D. “Menurut Sutisna Dalam Heru Suprihhadi (2017) Gaya Hidup Secara Luas Didefinisikan - Penelusuran Google.” Retrieved October 4, 2022

Aprilia, F. 2015. “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Tempat Wisata Âjawa Timur Park 2â Kota Batu).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 24(1):86013.

Astuti, Mirsa. 2020. “Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle).” Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum 1(1):14–20. Doi: 10.55357/Is.V1i1.16.

Azizah, S. N. 2022. “Peran Organisasi Konferensi Islam (Oki) Dalam Penerapan Islamic Tourism Di Negara-Negara Muslim.” Jurnal Sagacious 8(2):1–14.

Dan Realitas Lapangan Rahmat Saleh, Gagasan Di, And Nur Anisah. 2019. “Pariwisata Halal Di Aceh.” Sahafa Journal Of Islamic Comunication 1(2).

Dewi, Mn. 2015. “Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle), Harga, Promosi Terhadap Pemilihan Tempat Tujuan Wisata (Destination) Studi Kasus Pada Konsumen Artojaya Tour & Travel.”

Dewi, Ni Putu Ayu Listia. 2022a. “Pengaruh Media Sosial Terhadap keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sukawana Sunrise.” Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis 1(2):276–85. Doi: 10.22334/Paris.V1i2.18.

Dewi, Ni Putu Ayu Listia. 2022b. “Pengaruh Media Sosial Terhadap keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sukawana Sunrise.” Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis 1(2):276–85. Doi: 10.22334/PARIS.V1I2.18.

Ekonomi, Jurnal, Bisnis D. A. N. Sosial, November E-Issn, Muhammad Rizky, Irza Fachruddin, Moch Khoirul Anwar, Program Studi, Ekonomi Islam, And Fakultas Ekonomika. 2022. 3(November):1–10.

Elvina, Vania, And Mariana Simanjuntak. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap keputusan Berkunjung Kembali (Studi Kasus: Objek Wisata Di Kabupaten Toba.” Prosiding Industrial Research Workshop And National Seminar 11(1):1130–37. Doi: 10.35313/IRWNS.V11I1.2174.

Fikri, Miftah El, M. Si &. Dewi, And Nurmasari Pane. 2019. “Kajian Destinasi Wisata Halal Kota Medan Dalam Persepsi Pemasaran Wisata.” Jumant 11(1):263–70.

Fotis, John, Dimitrios Buhalis, And Nicos Rossides. 2012. “Social Media Use And Impact During The Holiday Travel Planning Process.” Information And Communication Technologies In Tourism 2012 13–24. Doi: 10.1007/978-3-7091-1142-0_2.

Gian Mononege Florence J Lengkong Gustaf Buddy Tampi Abstrak, Ravie D. 2020. “Perencanaan Pembangunan Objek Wisata Di Desa Kali Kecamatan Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara.” (10).

Gulla, Rendy, Sem George Oroh, And Ferdy Roring. 2015. “Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn.” Jurnal EMBA 3(1):1313–22.

Hair, Joseph F., G. Tomas M. Hult, And Christian M. Ringle. N.D. A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ).

Isnania, Fatra Nur, And Aris Budiono. 2022. “Kepuasan Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol Yang Di Pengaruhi Daya Tarik Wisata, Life Style Dengan Persepsi Harga Sebagai Variabel Mediasi.” MAMEN: Jurnal Manajemen 1(3):319–33. Doi: 10.55123/MAMEN.V1I3.683.

Kaplan, Andreas M., And Michael Haenlein. 2010. “Users Of The World, Unite! The Challenges And Opportunities Of Social Media.” Business Horizons 53(1):59–68.

Lisma, Nuryenti, Sepris Yonaldi, And Liza Zulbahri. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Syariah Di Sumatera Barat.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 8:1–15.

Maulana, Indra, And Anisya Rachma Kamila. 2022. “Pengaruh Self-Concept Dan Lifestyle Terhadap Minat Berkunjung.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 11(2):560–65.

Minarti, Mega Sifti. 2020. “Pengaruh Gaya Hidup, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shopee.”

Nasrullah Program Studi Magister Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Syarif Hidayatullah, Rulli, Jakarta H. Jalan Ir Djuanda No, And Tangerang Selatan. N.D.

Octafinna, Dinda Dwi. 2018. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Kelompok Persahabatan, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi: Studi Kasus Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan Tahun 2014 - 2016.”

P.S, Edwardo Hotman, And Ajat Sudrajat. 2022. “Pengaruh Kelompok Referensi Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Rawlins Laundry.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(14):61–69. Doi: 10.5281/ZENODO.6979054.

Pratiwi, Soraya Ratna, Susanne Dida, And Nuryah Asri Sjafirah. 2018. “Strategi Komunikasi Dalam Membangun Awareness Wisata Halal Di Kota Bandung.” Jurnal Kajian Komunikasi 6(1):78–90. Doi: 10.24198/JKK.V6I1.12985.

Ratnasari, Ririn Tri. 2020. “Halal Tourism Based On Value Creation.” Al-Uqud : Journal Of Islamic Economics 4(2):268–84. Doi: 10.26740/AL-UQUD.V4N2.P268-284.

Safitri, Indri, Asep M. Ramdan, And Erry Sunarya. 2020. “Peran Produk Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan.” Jurnal Ilmu Manajemen 8(3):734. Doi: 10.26740/Jim.V8n3.P734-741.

Setiyarti, Tettie, Grace Felas Silitonga, And Pipit Sundari. 2021. “Pengaruh 4C Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Domestik.” 90–104.

Setiyorini, Anis, Umi Farida, And Naning Kristiyana. 2018. “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word Of Mouth, Dan Daya Tarik Wista Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong.” ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi 2(2):12. Doi: 10.24269/Iso.V2i2.185.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. 3rd Ed. Edited By S. Y. Suryandari. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Prof Dr. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Edisi 3. Bandung.

Suryana, Debby. 2021. “Media Sosial, Word Of Mouth Dan Physical Environment Terhadap Proses Keputusan Pembelian.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 8(1):38–44. Doi: 10.26905/Jbm.V8i1.5111.

Susanto, B., P. Astutik-Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, And Undefined 2020. N.D. “Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung.” Core.Ac.Uk.

Tina Rahmadayanti, And Kholid Murtadlo. 2020. “Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, Dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan.” Malia (Terakreditasi) 12(1):125–36. Doi: 10.35891/Ml.V12i1.2392.

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Selvi Aulia Putri, & Sophan Sophian. (2023). Dampak Media Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Berkunjung Halal Tourism Kota Padang. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 211–229. https://doi.org/10.55606/optimal.v3i2.1415