PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA NON FISIK DAN STRESS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT CATUR SENTOSA ADIPRANA Tbk (Cabang Kediri)

Authors

  • Denis Eka Nurvianti Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.55606/optimal.v2i3.450

Keywords:

Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Stress dan Kinerja

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Non Fisik, dan Stress Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena mengarah kepada metode pengukuran dan sampel untuk menguji variabel dan hipotesis. Dengan menggunakan program SPSS versi 25, peneliti melakukan beberapa pengujian, antara lain uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji t, uji F, analisis regresi linear berganda, dan uji koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 71 orang karyawan tetap, dan semua karyawan tetap digunakan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja non fisik berpengaruh secara parsial tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Stress kerja berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dan gaya kepemimpinan, lingkungan kerja non fisik, dan stress kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

References

Abdullah, & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. H. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Jumaira, S. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi Sekolah, Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Kepala SD diKabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Ekonomi dan Pendidkan, 1(1).

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marwansyah. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Alfabeta.

Rivai, V., Ramly, Mutis, & Arafah. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke Praktik. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Organizational Behavior (3 ed.). USA: Pearson International Edition.

Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia : Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Siagian, S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sujarweni. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Denis Eka Nurvianti. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA NON FISIK DAN STRESS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT CATUR SENTOSA ADIPRANA Tbk (Cabang Kediri) . OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 56–65. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i3.450